Tips Trading Untuk Pemula, Kapan Harus Membeli dan Menjual?

Tips Trading Untuk Pemula, Kapan Harus Membeli dan Menjual?

Mengetahui kapan harus membeli dan menjual aset digital merupakan tips yang perlu diketahui oleh trader dan investor. Karena kedua hal ini menjadi suatu cara bagi kamu untuk mengurangi risiko investasi. Para trader pemula seringkali mempertanyakan kapan waktu terbaik untuk menjual maupun membeli aset digital. Lantaran, momen jual-beli aset kripto tentunya berbeda-beda dari satu investor dengan investor lainnya.

Namun, market timing adalah merupakan salah satu hal penting bagi perdagangan aset kripto. Dengan harga aset kripto yang mudah naik dan turun membuat pasar aset kripto sulit untuk diprediksi pergerakannya apalagi oleh para pemula. Inilah mengapa penting untuk memahami market timing. Untuk lebih lanjut simak tips trading berikut.

Memahami pasar bisa dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Informasi yang kamu perlukan antara lain:

  • Mengetahui seluk-beluk dari produk yang ingin dibeli.
  • Memantau pergerakan harganya di masa-masa lampau.
  • Mengetahui pola-pola pergerakan harga yang berulang atau setup Price Action mencerminkan perubahan atau kelanjutan sentimen pasar.

Semakin kamu memahami cara kerja pasar, kamu memiliki gambaran terkait rasio keuntungan bila kamu masuk dan keluar pasar.

Tips Menjual dan Membeli Aset Kripto

1.Beli Saat Harganya sedang Murah dan Jual Ketika Harga Naik

Pembelian aset digital saat harganya sedang murah sangat direkomendasikan bagi investor pemula. Umumnya, kamu bisa memanfaatkan kondisi pasar yang sedang stagnan dan bullish. Di mana, momen aksi take profit membuat harga aset mengalami penurunan dan investor bisa masuk ke pasar.

Strategi pembelian saat harga aset lebih murah melibatkan analisis grafik, pergerakan harga rata-rata jangka pendek dan jangka panjang. Serta tren dukungan historis, dan pembelian secara bertahap.

2. Beli atau Jual Berdasarkan Moving Average

Ketika kamu beli aset digital saat murah, kita tidak ada yang tahu apakah harga aset tersebut akan bergerak ke atas maupun ke bawah. Namun, investor bisa membeli Bitcoin dan aset digital lainnya saat berada di bawah proyeksi harga rata-rata dengan metode Moving Average.

Investor disarankan untuk tidak membeli Bitcoin dan aset digital lain saat sedang memuncak. Sebaliknya, tunggu sampai tren tersebut selesai di mana investor jual aset tersebut secara besar-besaran, lalu beli aset tersebut.

3. Jual Saat Tiba-Tiba Harga Aset Memuncak

Saat investor ingin menjual koin digital, hal yang perlu dipertimbangkan adalah faktor keuangan. Kemudian tingkat risiko, pajak, dan alasan mengapa kamu berinvestasi di dalam dunia aset kripto.

Kapan sebaiknya investor tidak membeli dan menjual aset digital?

  • Ketika investor tidak ingin mengenal lebih jauh lagi tentang dunia aset kripto.
  • Investor tidak yakin kepada Bitcoin dan aset kripto lainnya.
  • Investor yang tidak memiliki pengendalian diri dan kesabaran, setidaknya jangan membeli aset digital karena untuk trading jangka pendek, kamu berisiko untuk lebih banyak rugi dibanding untung.

Itulah berbagai tips trading bagi pemula dalam memutuskan waktu terbaik untuk menjual dan membeli aset digital.

 

Lewat ke baris perkakas