Tips Memulai Bisnis di Era Digital

Tips Memulai Bisnis di Era Serba Digital

Sebuah bisnis bisa dianggap legendaris saat mampu bertahan selama puluhan tahun dan mampu dinikmati oleh konsumen dari lintas generasi. Hal ini tentu saja mengacu pada kemampuan bisnis tersebut untuk terus beradaptasi mengikuti zaman. Akan tetapi, adaptasi bukanlah suatu upaya yang bisa dilakukan dengan mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Suatu bisnis harus lebih dulu memastikan ketangguhannya terhadap ekosistem bisnis, termasuk dalam hal kualitas produk dan juga layanannya. Barulah dengan begitu bisnis mampu melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan konsumennya yang terus berganti seiring berjalannya waktu.

Nah, bagi kalian yang ingin mulai berbisnis atau telah menjalankan usaha dan ingin tahu cara agar mampu mempertahankannya hingga lintas generasi, berikut adalah tiga strategi yang patut untuk dipelajari dan diaplikasikan pada bisnis.

Pahami Kebutuhan dan Keinginan Konsumen via Riset Pasar

Bisnis tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang jika produk atau layanan yang ditawarkannya tidak sesuai dengan kebutuhan serta keinginan konsumen atau pasar. Selain itu, bisnis juga harus mampu menawarkan jasa atau produk yang mampu memberikan customer journey dengan nyaman dan juga optimal.

Nah, agar hal tersebut bisa terwujud, pebisnis perlu menjalankan riset pasar dengan komprehensif. Setelah hasil riset didapatkan pun pebisnis masih perlu melakukan penyesuaian agar bisa menciptakan produk atau layanan yang cocok dengan pelanggannya.

Sebagai contoh, pada bisnis kuliner, varian menu yang baru dan berkualitas perlu diluncurkan secara rutin agar kepuasan konsumen senantiasa terjaga.

Tidak hanya itu, menyediakan fasilitas yang mampu memudahkan transaksi juga penting untuk dilakukan. Misalnya fasilitas pembayaran digital atau QRIS tentu mampu membuat konsumen memiliki lebih banyak opsi pembayaran yang lebih praktis serta aman, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Di sisi lain, penyediaan metode pembayaran berbasis digital juga memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan berbagai promo menarik yang membuat aktivitas berbelanjanya semakin menguntungkan. Secara tidak langsung, hal tersebut tentu mampu membuat tingkat penjualan pada bisnis meningkat sehingga keuntungan pun turut bertambah.

Lakukan Inovasi dengan Menyesuaikan Kebutuhan Pasar

Strategi kedua agar bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang adalah melakukan inovasi dengan menyesuaikan kebutuhan pasar atau konsumen. Tak dapat dipungkiri jika seiring berjalannya waktu, kebutuhan pasar akan selalu berubah mengikuti perubahan zaman. Hal inilah yang perlu diwaspadai oleh setiap pengusaha yang ingin bisnisnya tidak hilang dilibas waktu.

Pastikan bahwa layanan maupun produk yang ditawarkan mampu menjawab keluhan atau masalah yang dirasakan oleh pelanggan. Saat produk yang dijajakan mampu menjadi solusi pada pasar, sudah pasti produk tersebut akan laris manis digandrungi berbagai tipe pembeli.

Jangan lupa pula untuk terus mengoptimalkan pemakaian teknologi supaya efisiensi bisnis meningkat serta mempermudah transaksi yang dilakukan oleh konsumen. Contoh sederhananya adalah memasukkan bisnis kuliner ke platform ojek online, atau bisnis jual beli ke e-commerce. Dengan begitu, bisnis mampu menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus meningkatkan potensi penjualan.

Maksimalkan Penggunaan Sejumlah Kanal Pemasaran

Bisnis di era modern seperti sekarang ini mau tidak mau harus mengadopsi layanan pemasaran berbasis digital. Pada dekade lalu, media konvensional memang terbukti menjadi salah satu kanal pemasaran paling memadai bagi bisnis. Tapi, sekarang ini, strategi pemasaran menggunakan media tersebut bisa dibilang tidak terlalu efektif.

Dengan kemajuan teknologi internet dan dunia digital, kini media konvensional kalah populer dengan kanal media sosial. Karena itu, penting sebagai seorang pebisnis untuk memaksimalkan kehadiran platform marketplace atau e-commerce yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memperluas sayap bisnisnya dengan biaya yang terbilang murah.

Selain itu, perlu dipahami jika beberapa opsi pembayaran digital, seperti, paylater dan dompet digital, juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Hal ini juga bisa menjadi daya tarik pejulana dengan penawaran berabgai promo menarik yang menguntungkan bagi penggunanya. Sehingga, bisnis Anda pun bisa mendapatkan peningkatan transaksi karena promo yang ditawarkan oleh layanan tersebut.

Bisnis Legendaris Tak Akan Bisa Terwujud Tanpa Strategi yang Tepat

Berdasarkan fakta yang ada, tak sedikit bisnis hanya mampu bertahan dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun. Diperlukan strategi dan cara pemasaran yang tepat agar bisnis mampu bertahan hingga puluhan tahun dan melewati beragam perubahan.

Nah, agar bisa menjadi salah satu pendiri bisnis legendaris yang terus beroperasi dengan menjanjikan di lintas generasi, 3 strategi di atas tidak boleh sampai dilewatkan pengaplikasiannya.

Translate »
Skip to toolbar