Tips Membuat Resume Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

If you want to share and earn points please login first

Tips Membuat Resume Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Ketika Anda akan melamar sebuah kerjaan, salah satu dokumen yang harus dipenuhi dan dilampirkan dalam surat lamaran kerja adalah resume (resume lamaran kerja).

Resume adalah dokumen yang berisi rangkuman mengenai pengalaman dan pencapaian selama kerja, serta tujuan karir yang diinginkan.

Resume lamaran kerja ini berbeda dengan CV atau curriculum vitae. Perbedaan CV dan resume terletak pada isi dan tujuan penulisannya.

Keduanya kerap digunakan sebagai dokumen persyaratan untuk melamar kerja.

Sehingga, pastikan Anda telah membaca dengan teliti ketentuan persyaratan dokumen yang diminta perusahaan sebelum mengirimkan berkas surat lamaran kerja.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai beda CV dan resume, Anda bisa membaca artikel berikut.

Bagi fresh graduate, atau orang yang belum memiliki pengalaman kerja, membuat resume menjadi tantangan tersendiri.

Sebab, inti dari resume adalah menjual atau menunjukkan keunggulan diri Anda sebagai seorang pencari kerja kepada perusahaan.

Ketika Anda masih belum memiliki kerja, bagaimana Anda bisa menunjukkan posisi tawar Anda kepada perusahaan?

Ketika Anda menulis resume lamaran kerja Anda untuk pertama kali dengan nol pengalaman kerja, menuliskan pengalaman pekerjaan kasual seperti mengasuh anak, atau pengalaman sebagai sukarelawan, magang, serta aktivitas kuliah sangat mungkin dilakukan.

Dilansir dari thebalancecareers.com, ini beberapa tips bagi Anda yang baru akan menulis menulis resume lamaran kerja pertama:

  1. Jangan berbohong. Memberi bumbu pada pengalaman untuk dituliskan pada resume memang menarik, namun berbohong untuk melakukan itu adalah ide yang buruk. Mungkin saja Anda lolos pada tahap seleksi berkas, berhasil melakukan wawancara kerja, dan bahkan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Namun, Anda akan kesulitan untuk bisa mencapai janji yang Anda tuliskan pada resume. Ditambah lagi, ada risiko dipecat karena Anda telah menuliskan kebohongan.
  2. Jangan tuliskan hal-hal yang tidak perlu. Anda tidak perlu menyertakan tulisan referensi, atau informasi pribadi lain di luar informasi kontak utama Anda. Anda juga tidak perlu menuliskan hobi atau hal lain yang tidak terkait dengan pengalaman atau tujuan karir Anda.
  3. Jangan lupa koreksi ulang. Pastikan Anda telah menuliskan resume lamaran kerja Anda dengan benar dan tidak ada kesalahan ketik. Mintalah teman atau anggota keluarga yang Anda percaya untuk mengoreksi resume Anda sebelum mengirimkannya kepada perusahaan.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Setelah mengetahui inti dari isi resume, serta bedanya dengan CV, berikut adalah contoh resume lamaran kerja yang bisa Anda jadikan pedoman:

NAMA
ALAMAT
[email protected]
Nomor Handphone

PENDIDIKAN
Universitas ABC (2020), IPK 3.54

PENGALAMAN
Barista — ABC Coffee
Juni 2020 – sekarang

(Tulis Penjelasan Pekerjaan)

Sukarelawan Juru Masak — Rumah Sehat ABC
September 2020 – sekarang

(Tulis Penjelasan Pekerjaan)

SKILLS

Customer service
Hospitality
Microsoft Office
Google Drive

PENCAPAIAN DAN PENGHARGAAN

President of University Volunteer Club
MVP, Universitas ABC softball team

If you want to share and earn points please login first
Translate »
Skip to toolbar