Tips Bisnis: Mengapa Produk Tidak Laku-laku?

Kadang kita merasa jenuh dan lelah saat produk yang kita jual tidak laku di pasaran.

Persoalan klasik ini sering kali membuat orang untuk berhenti berbisnis.

Founder Yukbisnis.com, Platform Toko Online, Jaya Setiabudi menjelaskan faktor yang membuat produk tidak laku di pasaran. Pertama, ceruk pasar yang dibidik tidak sesuai dengan produk.

“Banyak dari mereka yang gagal memasarkan (produk) karena mancing di Tambak yang salah,” katanya kepada kumparan , Selasa (8/10).

com-Ilustrasi berjualan online Foto: Shutterstock

Pria yang akrab dipanggil Mas Jay ini menambahkan, saat memilih target pasar (market) usahakan se-spesifik mungkin. Jika kita bisa memilih pasar yang spesifik, maka akan mempermudah penyesuaian produk yang kita jual.

“Who (siapa) target pasar, sering hanya dijawab, “Menengah ke atas, menengah ke bawah”. Capek deh,” imbuhnya.

Ia pun mencontohkan, salah satu memilih target market yang spesifik itu seperti Warga Bandung, usia 25-35 tahun, mempunyai anak SD, naik mobil city car (Jazz, Yaris, March), penampilan modis dan berhijab.

“Yang disebut ‘Tambak’ itu bukan hanya tempat seperti sekolah, tapi bisa juga komunitas dengan target pasar serupa. Komunitas juga bukan berarti bentuk fisik berkumpulnya mereka, seperti arisan, pengajian, atau pesta, tapi juga bisa Akun Media Sosial seseorang,” jelasnya.

Translate »
Skip to toolbar