Tips Agar Hobi Bisa Jadi Bisnis yang Menguntungkan

Tips Agar Hobi Bisa Jadi Bisnis yang Menguntungkan

Melakukan hobi sambil tetap mendatangkan uang adalah hal yang menyenangkan dan bisa jadi impian sebagian orang. Tidak ada yang lebih menyenangkan jika kamu dapat melakukan sebuah pekerjaan sesuai dengan passion ataupun hobimu.

Mengerjakan sesuatu yang kamu cintai membuat kamu menjadi lebih antusias dan menikmati segala prosesnya, bahkan membuatmu seakan sedang tidak bekerja. Lantas, apakah mungkin jika hobi yang kamu miliki dapat dijalankan sebagai sebuah keterampilan yang menghasilkan? Simak tips singkat dari Zenius Education berikut ini, dikutip dari siaran pers.

1. Cek kesiapan diri

Idealnya, hobi adalah sesuatu yang biasa dilakukan untuk melepaskan penat dari riuhnya pekerjaan sehari-hari. Ketika kamu memutuskan menjadikan hobi sebagai tambahan penghasilan, kamu harus berkomitmen meluangkan waktu memikirkan bisnis, menghadirkan pelayanan untuk pelanggan, dan “berdamai” dengan deadline.

2. Sediakan waktu untuk uji coba

Jika kamu sudah memiliki pekerjaan tetap sebelum memulai bisnis, jadikanlah bisnis kedua ini sebagai usaha sampingan terlebih dahulu. Dari uji coba ini, kamu akan memiliki gambaran apakah kamu cocok menjalankan bisnis ini, termasuk kekurangan dan kelebihan yang ada, tantangan yang akan muncul, dan beragam hal-hal lain yang perlu diantisipasi.

3. Siapkan rencana bisnis

Menurut laporan yang diluncurkan di Jurnal Kewirausahaan Strategis, pengusaha yang mempersiapkan rencana bisnis memiliki peluang 16 persen lebih besar mencapai keberhasilan dibandingkan mereka yang tidak. Rencana bisnismu harus merangkum ringkasan eksekutif dan perusahaan, produk dan jasa yang ditawarkan, rencana serta strategi pemasaran, timeline, tim manajemen, dan rencana keuangan.

4. Membangun identitas merek

Branding adalah faktor krusial karena hal tersebut merupakan identitas dan representasi usaha atau bisnis kamu. Untuk itu, jangan lupakan pentingnya nama, logo bisnis, visual, dan keseluruhan identitas merek dari bisnismu agar mudah dikenal oleh masyarakat dan calon pelanggan.

5. Merambah ke internet

Di era digital saat ini, calon pelanggan dan konsumen cenderung mencari informasi terkait produk dan layanan secara online. Untuk itu, menampilkan dan membangun eksistensi brand di ranah online menjadi sebuah elemen penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

6. Perhatikan kondisi finansial

Mengubah hobi menjadi bisnis, artinya kamu siap memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnismu. Agar tidak tercampur dan mudah mengawasinya, siapkan rekening bank khusus untuk usahamu. Untuk meringankan pekerjaanmu, tidak ada salahnya menggunakan jasa konsultan yang dapat membantu melacak arus kas keuanganmu.

Pada akhirnya, menjalankan bisnis yang berawal dari hobi harus tetap dilakukan secara serius agar meminimalisasi risiko yang berpotensi muncul. Selain itu, persiapan diri yang cukup juga harus dipastikan, seperti membekali diri dengan pelatihan dan keterampilan yang mumpuni.

Translate »
Skip to toolbar