Ingin Bawa Bisnis Startupmu Go Internasional? Lakukan 4 Hal Ini

AKURAT.CO Anda bisa membawa bisnis startup anda ke dunia internasional. Akan tetapi, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini karena butuh kesabaran dan visi strategis untuk jangka panjang.

Namun, ternyata ada loh tips agar startup bisa go internasional. Nah, bagaimana cara berekspansi ke pasar yang lebih luas? Ada beberapa hal mutlak di bawah ini yang dibutuhkan oleh bisnis startup online jika ingin melakukannya. Berikut ini tipsnya:

1. Selalu Berfikir Luas

Anda sebagai bagian dari startup haruslah memiliki sebuah pemikiran yang luas dan jangan hanya berfikir mengenai pasar lokal. Berfikir luas bukan berarti melupakan tentang segala hal mengenai pasar lokal. Yang dimaksudkan dengan berfikir luas adalah sah-sah saja Anda ingin memantapkan langkah di pasar lokal terlebih dahulu namun pandangan jangka panjang tetap pasar internasional sebagai sasaran berikutnya.

Jangan lupa bahwa masih ada target pasar yang lebih luas di luar sana yang memberikan kita banyak peluang kesuksesan, tentu dengan berbagai resiko yang akan muncul nantinya. Memantapkan langkah di pasar lokal bukanlah pilihan buruk tapi bukanlah pilihan terbaik untuk mematangkan bisnis untuk jangka panjang.

2. Managemen Konten yang Baik

Semua pebisnis mengganggap bahwa website adalah sebuah media publikasi yang krusial. Oleh karena itu sebuah website harus memiliki sebuah sistem manajemen konten sebagai langkah penting untuk mulai memperkenalkan produk ataupun bisnisnya di ranah global.

Konten yang akan dipublikasikan setidaknya harus disesuaikan, bahkan kalau bisa dihadirkan dengan berbeda. Hal yang tidak kalah penting adalah mengenai desain dan kemasan produk. Kita harus memikirkan hal tersebut, karena jika target market adalah pasar internasional maka kita harus membuat sebuah desain dan kemasan yang menarik untuk produk yang dipasarkan.

3. Buatlah Konsumen Nyaman

Untuk melangkah ke pasar internasional kita juga harus paham mengenai kurs dan saluran konversi pembayaran internasional. Hal ini sangat penting sebelum Anda berekspansi lebih jauh lagi. Pembayaran bukanlah tentang pembayaran semata, namun bagaimana Anda menyesuaikan dengan minat konsumen Anda mengenai sistem pembayaran.

Bukan saja masalah mata uang pembayaran yang membuat konsumen nyaman, tapi Anda juga harus menyesuaikan harga.

4. Pilihlah Data Center yang Tepat

Jika serius ingin startup online Anda mampu berekspansi ke pasar internasional, maka Anda harus memilih data center yang tepat untuk kepentingan bisnis Anda. Pilihlah data center yang bisa menjaga kerahasiaan dan keamanan bisnis Anda untuk jangka panjang.

Dengan melakukan langkah seperti ini, Anda dapat meyakinkan pengguna mengenai kerahasiaan informasi mereka ketika bertransaksi dengan Anda. Sebagai contoh kita bisa melihat hal tersebut dari layanan Amazon, toko online terbesar di dunia.

Saat pengguna memiliki sebuah akun pada website Amazon.com pengguna tersebut tidak dapat menggunakan akun yang sama untuk masuk pada website Amazon.co.uk, domainnya berbeda memang tapi sesungguhnya layanannya tetap sama.

Batasan tersebut diciptakan guna memberikan sebuah rasa nyaman dan aman terkait dengan jaminan privasi yang saat ini tengah menjadi sorotan di dunia digital.[]

Translate »