Trik Tampil Profesional Namun Tidak Mahal

Terlepas dari berapapun penghasilan kamu, sangat penting untuk tampil profesional di dunia kerja. Apalagi jika kamu bercita-cita memiliki perusahaan besar dengan cabang di seluruh dunia. Meskipun miliarder seperti Mark Zuckerberg dan Steve Jobs punya kebiasaan memakai baju yang itu-itu saja, mereka pasti tampil secara profesional saat bertemu dengan orang penting atau bertemu dengan investor di masa awal-awal membangun bisnis.

Sylivie Gusto yang telah bekerja di bidang HR selama lebih dari 20 tahun, membebarkan bahwa tampil profesional sangat mendukung kesuksesan. Melalui Executive Image Consulting, lembaga konsultasi yang didirikannya, dia membantu para karyawan untuk menduduki hierarki tertinggi perusahaannya. Salah satunya dengan nasihat untuk berbusana. Dia telah membantu banyak karyawan dari McKinsey, BMW, dan perusahaan lainnya untuk mewujudkan mimpi menjadi miliarder.

Untuk menjadi miliarder yang sesungguhnya, kamu harus menguasai tampilan seorang miliarder terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Miliki ‘busana investasi’

Setiap pria paling tidak harus punya satu jas bagus dan yang wanita memiliki blazer yang matching dengan celana atau rok. Guosto membeberkan jika ‘busana investasi’ ini harus terkesan mahal di mata klien.

Busana investasi tidak harus selalu mahal asalkan tetap berkualitas. Tapi daripada membeli tiga buah jas dengan harga murah dan kualitas biasa saja, belilah satu yang mahal namun sudah teruji kualitasnya.

Perhatikan setiap detail yang melekat pada dirimu

Tahukah kamu kalau rata-rata durasi wawancara kerja adalah 40 menit, namun HRD hanya membutuhkan sembilan menit apakah kamu layak dipekerjakan atau sebaliknya? Ini artinya, kesan pertama sangat menentukan. Gusto bercerita kalau dia pernah mewawancara kandidat sebuah perusahaan Jerman. Setelah sesi selesai, kandidat mengeluarkan iPhone untuk menjadwalkan wawancara selanjutnya. Gusto menangkap bahwa casing iPhone tersebut bertuliskan kata-kata makian.

“Kalau kamu serius dengan imejmu, kamu harus peduli terhadap semua detail yang ada pada dirimu, kata Gusto. Ini artinya meja kerja, aksesoris, dan bahlan case smartphone bisa menggambarkan seperti apa dirimu sebenarnya.

Jangan biarkan kekurangan menghancurkan percaya diri

Aura seorang miliader didapatkan dari rasa percaya diri yang tinggi. Dan hal terburuk untuk menghancurkan rasa percaya diri adalah kekurangan dalam penampilan. Tidak akan ada yang benar-benar peduli kalau kancing lengan jasmu copot. Tapi saat kamu mengkhawatirkannya, saat itulah kepercayaan dirimu jatuh.

Apapun yang terjadi dengan penampilanmu, segera lakukan perbaikan. Karena saat kamu tidak nyaman dengan penampilanmu, kamu tidak akan bisa menunjukkan bagian terbaikmu.

Menyemprot parfum

Para miliarder pasti menyimpan satu dua botol parfum bermerek di lemari mereka. Namun aroma yang kamu pakai jangan sampai terlalu kuat sehingga mengalihkan perhatian orang lain. Cukup semprotkan seperlunya untuk kegiatan sehari-hari. Selalu bawa parfum dalam tasmu karena siapa tahu ada undangan pesta atau mendadak harus bertemu klien.

Berpakaian agar terlihat lebih tinggi

Zaman dahulu, orang yang tubuhnya tinggi diasosiakan dengan otoritas. Tanpa sadar, kita pun mencari pemimpin yang badannya tinggi karena menilai mereka memiliki wibawa.

Tapi jika badanmu tidak terlalu tinggi, jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mengakalinya. Kamu bisa menciptakan ilusi tinggi badan dengan memilih busana yang tepat. Misalnya wanita memakai high heels langsing dengan tali spageti dan pria memilih warna gelap.

Leave a comment

Translate »