Strategi Branding Dianggap Semakin Penting

Strategi branding merupakan strategi komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Strategi branding dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menyelenggarakan acara atau membuat program promosi untuk menarik perhatian target konsumen agar mau mencoba dan mengkonsumsi produk yang ditawarkan.

Strategi Branding Dianggap Semakin Penting

Strategi branding menjadi bagian penting dan menjadi prioritas utama dari sebuah perusahaan untuk menciptakan competitive advantage yang bermanfaat untuk perusahaan dalam persaingan bisnis dewasa ini.

Strategi branding bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen, dan menjadikan brand tersebut sebagai top of mind di pasar. Branding juga akan membentuk persepsi di benak konsumen melalui pengalaman yang dirasakan, dan setiap elemen dari brand (nama, logo, kemasan, maskot, dsb ) akan membantu konsumen untuk mengingat perusahaan.

Manfaat – manfaat ini akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Brand yang baik akan membuat strategi branding hingga mencapai brand awareness di masyarakat.

Elemen dari brand seperti nama, logo, tag-line, trademark dan kemasan menjadi komponen penting dalam membangun persepsi publik. Kebanyakan orang mengingat suatu produk dari desain logonya. Misalnya jika seorang konsumen telah memiliki persepsi tentang suatu produk yang dilihat terbaik, maka ia akan mengingat logo dan kemasan sebagai patokannya dalam mencari produk tersebut. Inilah salah satu manfaat branding.

Dalam membentuk elemen-elemen ini, dibutuhkan sebuah desain yang mampu menempatkan tujuan atau perusahaan dalam aliran informasi yang disampaikan pada konsumen.

Desain adalah sebuah wujud nyata untuk membentuk persepsi visual dari seorang konsumen. Materi desain yang buruk atau tidak konsisten dapat memberikan kesan bahwa perusahaan anda tidak stabil, tidak profesional, tidak terorganisir atau murahan. Kebanyakan konsumen tidak dapat melupakan kesan pertama ini, sehingga branding dan pesan dari perusahaan pun akan terganggu. Branding perusahaan yang buruk lebih sulit diperbaiki daripada membangun sebuah branding dari awal.

Sebaliknya, desain yang dikelola dengan baik akan menunjukkan kesan teratur, kredibel dan mampu mengkomunikasikan produk dan layanan perusahaan dengan lebih baik. Desain adalah suatu bentuk visualiasi dari sebuah brand. Desain yang menarik memiliki peran yang amat penting dalam sebuah bisnis. Desain juga akan menentukan apakah sebuah produk terlihat bagus, catchy dan menarik. Maka dari itu butuh proses dan pertimbangan yang matang dalam menentukan desain yang terbaik untuk perusahaan.

Keberhasilan dalam menciptakan desain produk atau brand yang menarik akan menumbuhkan brand awareness pada masyarakat sehingga tertarik untuk mengkonsumsi produknya. Untuk itu desain adalah bagian penting di perusahaan karena hal tersebut menentukan bagaimana perusahaan akan dinilai oleh masyarakat. Namun ada beberapa permasalahan yang sering muncul dalam proses menentukan desain untuk kebutuhan brand / branding perusahaan. Sebagai contoh, salah satu perusahaan yang saat ini sudah cukup dikenal di masyarakat yaitu Cimory juga pernah mengalami masalah tentang desain.

Cimory awalnya memilih untuk menggunakan jasa desain in-house. Merasa tim in-house mereka tidak bisa menampung kapasitas desain yang dibutuhkan, Cimory mencoba menggunakan jasa desain melalui agensi. Ternyata, menggunakan agensi memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit sehingga Cimory memutuskan untuk berhenti menggunakan agensi. Pada akhirnya Cimory memutuskan untuk memakai layanan jasa desain online yaitu Sribu.com untuk membantu kebutuhan desain dengan budget yang tidak memberatkan perusahaan.

Leave a comment

Translate »