Simak Perjalanan Facebook Hingga Mencapai 1,5 Miliar Pengguna di Seluruh Dunia

Baru-baru ini Facebook mengumumkan laporan kinerja kuartal ketiga (Q3) mereka di tahun 2015. Salah satu data mencengangkan yang diungkapkan Facebook adalah media sosial ini telah memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Apabila dibandingkan, angka tersebut sama dengan total penduduk di Cina, yang merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia. Berikut adalah 11 tahun perjalanan Facebook mencapai 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia.

TheFacebook 2004

Pada 4 Februari 2004, Mark Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” untuk kali pertama. Nama tersebut diambil dari sebuah formulir yang disebarkan ke mahasiswa-mahasiswa baru. Saat itu media sosial ini hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard University. Dalam waktu 24 jam, terdapat lebih dari 1.200 mahasiswa Harvard University yang melakukan registrasi. Sebulan kemudian Mark telah melakukan ekspansi ke universitas lain, salah satunya adalah StanfordUniversity. Hingga akhir tahun 2004, Facebook telah berhasil mencapai 1 juta pengguna.

TheFacebook 2005

Setahun kemudian tampilan situs tidak berbeda jauh. Akan tetapi TheFacebook telah berkembang pesat dan telah mendukung lebih dari 800 universitas. Di saat yang bersamaan, Facebook juga mulai memperkenalkan fitur Profile bagi setiap pengguna, yang kini kamu kenal dengan Facebook Profile. Pada akhir tahun 2005, Mark menghapus kata “The” dan menjadi Facebook saja setelah berhasil membeli domaintersebut seharga $200.000 (sekitar Rp2,7 miliar). Pengguna Facebook pada masa ini sudah mencapai 5,5 juta.

Facebook 2006

Pada September 2006, jaringan pengguna Facebook sudah tidak lagi terbatas bagi mahasiswa, tapi bagi siapa saja yang memiliki alamat e-mail. Saat itu Facebook mendapat penghasilan dengan menerima pemasangan iklan digital di situs mereka. Yahoo dan Google merupakan dua perusahaan yang sangat tertarik untuk membeli Facebook saat itu dengan nilai valuasi sekitar Rp27 triliun. Akan tetapi Mark menolak mentah-mentah penawaran tersebut.

Di tahun yang sama Facebook juga mulai memperkenalkan fitur News Feed untuk melacak aktivitas yang bisa kamu nikmati hingga sekarang. News Feed dikembangkan oleh Chris Cox yang masih bekerja sebagai developer di Facebook hingga sekarang. Selain itu, Facebook juga mulai merambah pengguna mobile dengan membuat situs yang responsif bagi penggunamobile. Pada tahun 2006, pengguna Facebook di seluruh dunia sudah mencapai 12 juta.

Facebook 2007

Situs ini terus mengembangkan fitur-fitur baru. Pada tahun 2007, Facebook memungkinkan pengguna untuk memberikan hadiah ke pengguna lain, posting iklan baris, dan bahkan mengembangkan aplikasi mereka sendiri. Di tahun yang sama, pengguna Facebook di seluruh dunia sudah mencapai 30 juta pengguna.

Facebook 2008

2008 bisa dibilang merupakan tahun yang mana Facebook seolah-olah lahir kembali dan dengan agresif melakukan ekspansi ke negara-negara lain dengan memberi dukungan bahasa seperti Jerman dan Prancis. Struktur internal Facebook juga mengalami banyak perubahan. Dengan merekrut Sheryl Sandberg yang sebelumnya bekerja di Google, menjadi COO pada Maret 2008.

Sebulan kemudian, Facebook meluncurkan fitur chatting yang hingga sekarang bisa kamu nikmati. Pada bulan Juni, Marc Andreessen sebagai investor bergabung sebagai dewan direktur Facebook. Dari sisi pengguna, Facebook terus mengalami peningkatan hingga mencapai 100 juta pengguna pada tahun 2008.

Facebook 2009

Privasi dan keamanan menjadi isu penting bagi Facebook pada tahun 2009. Secara berkala media sosial ini melakukan pembaruan privasi dan keamanan untuk membuat pengguna lebih nyaman menggunakan Facebook.

Pada bulan Mei 2009, Facebook memperoleh investasi tambahan dari Digital Sky Technologies sebesar $200 juta (Rp2,4 triliun). Hingga akhir tahun 2009, privasi dan keamanan masih menjadi isu. Hingga pada bulan Desember, Facebook memperingatkan lebih dari 350 juta pengguna untuk memperbarui pengaturan privasi dan keamanan mereka.

Facebook 2010

Awal tahun 2010, Facebook melakukan kerja sama dengan PayPal untuk memungkinkan para pebisnis melakukan pembayaran iklan di Facebook. Di tahun yang sama, isu keamanan masih menjadi perhatian media sosial ini. Untuk meningkatkan perhatian 500 juta pengguna, Facebook bahkan mendesain ulang halaman pengaturan keamanan.

Facebook 2011

Tahun berikutnya, Facebook kembali memperoleh suntikan dana sebesar $1,5 miliar (Rp20 triliun) dengan nilai valuasi sebesar $50 miliar (sekitar Rp600 triliun). Perangkat mobile menjadi perhatian Facebook dengan meluncurkan aplikasi Messenger dan juga aplikasi Facebook yang didesain khusus untuk iPad. Dari segi desain, Facebook juga memperkenalkan Timeline pada tahun 2011.

Facebook 2012

Perangkat mobile masih menjadi salah satu perhatian utama bagi Facebook. Hal ini terbukti dengan peluncuran aplikasi Messenger untuk smartphoneWindows Phone dan meluncurkan sejumlah pembaruan aplikasi untuk Android.

Tahun 2012 merupakan tahun terpenting bagi Facebook karena pada bulan Mei mereka melakukan penawaran saham ke publik (IPO) dengan harga sama $38 per lembar (sekitar Rp510.000) dan nilai valuasi sebesar $104 miliar (Rp1,4 kuadriliun). Pada bulan September, Facebook melakukan akuisisi terhadap aplikasi berbagi foto Instagram. Hal yang lebih fantastis lagi adalah jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia sudah mencapai 1 miliar.

Facebook 2013

Awal tahun 2013, Facebook memperkenalkan Search Graph, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian segala konten yang terdapat di Facebook. Mulai dari status, video, grup, dan lainnya. Media sosial ini juga memperkenalkan Live Event, untuk menandai aktivitas-aktivitas yang dilakukan pengguna seperti mendapat hadiah dan pindah ke tempat baru.

Facebook 2014

Banyak momen penting yang terjadi dengan Facebook pada tahun 2014. Beberapa di antaranya adalah melakukan akuisisi terhadap aplikasi chattingWhatsApp senilai $19 miliar (Rp259 triliun). Facebook juga melakukan akuisisi terhadap Oculus, perusahaan pembuat kaca mata AR. Pada tahun yang sama, Facebook mulai menggulirkan program Internet.org untuk memberikan akses internet ke negara-negara yang tidak memiliki akses internet memadai.

Facebook 2015

Sampai ke tahun 2015. Total pengguna Facebook sudah mencapai 1,55 miliar. Dari angka tersebut, terdapat 1,35 miliar yang mengakses Facebook melalui perangkat mobile mereka setiap bulan dan terdapat 894 juta pengguna yang mengakses setiap hari. Dengan angka tersebut, tidak heran apabila keuntungan Facebook pada Q3 mencapai Rp12 triliun.

Sumber: Facebook, Time, TheGuardian, dan Forbes

Translate »