Pendapatan Bisnis Online Sudah Stagnan? Coba Langkah Ini

Meskipun pemasaran produk UMKM secara online sudah bisa memberikan keuntungan yang cukup besar, tetapi hal tersebut belum cukup jika pelaku usaha rintisan atau start-up ingin meningkatkan skala bisnisnya.

Salah satu hal yang hampir mutlak dilakukan untuk scaling-up adalah dengan menghadirkan produk secara nyata ke tengah masyarakat. Caranya dengan memasukan produk ke jaringan distribusi ritel, atau dengan membuka toko fisik.

Donald Lantu, Direktur Center for Innovation, Entrepreneurship & Leadership School of Business and Management ITB memaparkan meskipun bisnis online semakin berkembang, tetapi bisnisoffline masih sangat penting untuk digarap.

Selain bisa memperluas pasar, penjualan secara offline juga lebih ampuh untuk meningkatkanbrand awareness di tengah masyarakat. Orang akan lebih percaya dan semakin loyal jika bisa melihat dan mencoba produk secara langsung.

“Walaupun sudah berhasil di bisnis online tetapi itu tidak cukup, harus ada toko fisik atau offline untuk peningkatan skala bisnis dan perluasan pasar,” katanya.

Donald mengatakan, setidaknya ada dua variabel utama yang menjadi indikator sebuah bisnisonline sudah saatnya mulai masuk ke pasar offline, yakni adanya cash yang cukup untuk biaya operasional, dan pertumbuhan penjualan yang terus menurun.

Pelaku usaha yang terjun ke bisnis secara online biasanya didasari oleh minimnya modal untuk pemasaran, dan berjualan secara online merupakan cara yang cepat dan tepat untuk memulai usaha dan mendapatkan cash.

“Banyak start-up yang berhasil karena berjualan secara online di social media. Omzetnya bisa sampai ratusan juta dengan pertumbuhan pendapatan yang tinggi setiap bulan,” katanya.

Namun, ada masanya pertumbuhan penjualan secara online tersebut akan mencapai titik tertinggi. Saat itu, sudah tidak ada celah untuk bertumbuh sehingga pertumbuhan tidak akan setinggi saat awal-awal bisnis. Lebih jauh, hal itu bisa menyebabkan pendapatan stagnan dan cenderung mengalami penurunan.

“Pada saat seperti itu, perluasan pasar melalui sistem offline dibutuhkan bagi pelaku usaha yang ingin meningkatkan skala bisnis,” paparnya.

Sumber

Translate »