Lima Langkah Memulai Dan Mengembangkan Email Marketing List

Belakangan ini Email menjadi media terpenting bagi para pengusaha kecil untuk menjalankan bisnisnya. Sebab mamanfatkan email jauh lebih efektif untuk menjaga komunikasi bisnis terhadap konsumen dan calon konsumen. Agar email lebih terorganisir dibutuhkan pembuatan media seperti email marketing dilalamnya.

Langkah pertama menggunakan email untuk memperbanyak konsumen adalah dengan membuat email marketing sebagai sarana pengorganisirnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diingat ketika anda membuat email marketing:

1. Pilih Email Marketing Service yang Benar

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah bekerja sama dengan layanan email marketing. Tujuannya adalah untuk membantu dalam mengumpulkan alamat email konsumen, mengelola daftarnya dan mempermudah proses pengiriman dan penerimaan email kepada konsumen.

2. Pendaftaran yang mudah

Proses pendaftaran haruslah mudah dan hanya menggunakan beberapa detik untuk melakukannya. semakin mudah pendaftarannya, konsumen anda juga semakin bertambah, dan target anda semakin cepat tercapai.

Pastikan bahwa penempatkan konten formulir pendaftaran berada di tempat yang mudah terlihat. Buatlah fasilitas seperti kotak centang dan bentuk-bentuk menarik lain agar pengunjung semakin tertarik untuk berselancar dan mendalami fasilitas apa saja yang terdapat di dalam situs.

3. Ikuti Peraturan

Meskipun dalam daftar alamat email terdapat banyak ribuan kontak konsumen, tentu pengiriman email kepada alamat-alamat tersebut tak bisa begitu saja dikirimkan. Karena rata-rata konsumen hanya ingin menanggapi penawaran pada barang-barang yang diinginkannya saja. Ada banyak sekali kode etik dalam pemanfaatan email, oleh sebab itu lebih berhati-hatilah.

4. Jaminan Privasi

Dalam berkomunikasi jagalah hal-hal privasi, karena bisa saja konsumen memanfaatkan informasi pribadi semacam itu untuk tujuan lain. Perjelas bagaimana proses komunikasi dalam berkirim email. Batasi pembicaraan yang kiranya menjurus pada hal-hal yang tidak perlu untuk bagikan.

5. Memberikan Insentif

Beberapa strategi berbisnis yang sukses adalah dengan memberi konsumen beberapa produk dan layanan gratis ketika mereka mendaftar. Contohnya produk gratis, diskon, atau undian, atau beberapa insentif lainnya. Pastikan dengan jelas bahwa dalam memperoleh gratisan, mereka mendaftar sebagai member.

Translate »