Kata Siapa Bangun Startup Butuh Banyak Orang?

Mungkin diantara kamu masih banyak yang mikir kalo untuk ngebangun startup tuh butuh karyawan yang banyak. Well… mindset kalian itu kayanya kudu buru-buru direvisi deh macam skripsi. Ternyata, tim yang jumlahnya seiprit tapi kerjanya efektif itu yang paling tepat.

Kayak di perusahan startup yang udah sukses dan terkenal sekelas Kaskus ini nih guys. Perusahaan startup ini kabarnya dibentuk cuma sama 3 orang, yang terdiri dari sang CEO Andrew, Budi dan Ronald.

Awal Bangun Startup Kaskus

Terus, awalnya konten Kaskus tuh ngga selengkap kaya sekarang ini. Karena waktu itu karyawannya cuma 3 orang, mereka semua pada saat itu cuma bisa nge-handle forum game Counter Strike. Alasannya karena ketiganya hobi banget buat mainin game tersebut.

Tapi, lama kelamaan beberapa diantara mereka tuh ngerasa jenuh dan, dan dua partner Andrew yaitu Budi dan Ronald akhirnya mengundurkan diri. Setelah itu, Andrew berjuang sendirian buat ngembangin Kaskus selama 8 taun.

Nah, tepat pada taun 2008 akhirnya Andrew ditemenin sama Ken Dean. Keduanya kemudian ngembangin Kaskus untuk bisa jadi forum yang ngebahas isu-isu lain selain game. Kemudian keduanya mutusin untuk ngebuat semacem room-room yang spesifik untuk ngebahas isu tertentu.

Meskipun jumlah kayawannya waktu itu cuma Ken dan Andrew, tapi keduanya bisa nuangin ide-ide cemerlang mereka buat bikin Kaskus bangkit dan bisa bersaing sama startup lain. Alhasil mereka berdua bisa mempekerjakan orang banyak dan bikin Kaskus besar kayak sekarang ini.

Nah, buat kamu yang taunya kalo bikin startup tuh harus mempekerjakan orang banyak, sekarang kamu udah dapet pencerahan kan? Inget kualitas lebih utama dibanding kuantitas guys! Lagian butuh karyawan banyak-banyak emangnya kamu mau bikin pabrik?

Yuk kuatin lagi tekad kamu buat bikin perusahaan kamu sendiri. Tapi kalo kamu masih butuh hal-hal yang bisa memotivasi kamu, dan ngasih kamu pengetahuan dasar untuk ngebangun startup. Baca terus update-an mamang ya! Karena selain Kaskus mamang bakal ngulik lebih banyak lagi informasi menarik dari berbagai perusahaan startup di Indonesia. So stay tuned di manggadget.com ya! #BikinStartupTuhGampangGila

Leave a comment

Translate »