Inilah 4S Dalam Startup yang Harus Dipahami

Banyak sekali istilah-istilah dalam bisnis yang sudah familiar ditelinga kita, dan istilah tersebut sudah seperti sebuah formula yang harus kita ketahui dalam bisnis, seperti 5P, 3C. Tetapi apa yang anda ketahui tentang formula dalam startup? Nah, itulah yang akan kita bahas saat ini.

Ada istilah 4S dalam startup yang harus anda pahami sebelum membangun startupanda.

1. Service (pelayanan)
Apakah Anda pernah mengidentifikasikan solusi untuk sebuah masalah pada customer? Apakah solusi Anda merubah kehidupan customer? Tidak peduli perusahaan Anda bergerak dibidang apa dan sebesar apa perusahaan Anda, tetapi perusahaan Anda harus memberikan suatu nilai pelayanan yang pasti dan nyata kepada customer, meskipun anda mengeluarkan sebuah produk baru, tetapi tetap pelayanan Anda lah yang dibutuhkan. Ingat, temukan masalahnya dan perbaiki setiap masalah yang ada.

2. System (sistem)
Prioritas utama Anda adalah untuk memenuhi dan membangun permintaan pelanggan. Bisakah Anda memproduksi dan mengirim produk Anda sendiri? dan bisakah seseorang melakukannya untuk anda? Dapatkan kejelasan tentang sistem yang akan Anda gunakan untuk memproduksi dan mengirim produk. Karena terkadang ide baru yang inovatif tidak bejalan dan cenderung terlalu mahal serta terbatas untuk melakukan hal itu. Tetapi perusahaan atau pelayanan yang sudah berjalan bisa membuat produk untuk Anda dan membawanya ke penjualan yang lebih cepat dan lebih efisien, bahkan mungkin sudah melalui perizinan yang aman.

3. Strategy (strategi)
Anda harus selalu memiliki rencana dan visi. Karena banyak entrepreneur memulai bisnis mereka dengan ide yang brilliant dan melaunching perushaan mereka, tetapi tiba-tibamelempem atau tidak berjalan dalam waktu yang cepat, karena mereka kehabisan modal, bahkan mereka tidak bisa membuat skala yang besar untuk bisnis mereka. Itulah sebabya anda harus memiliki visi dan mempertimbangkan strategi untuk waktu jangka pendek dan jangka panjang, karena hal itu bisa membantu Anda untuk memastikan bisnis Anda berada diarah dan jalur yang benar.

4. Spine (tulang punggung)
Untuk mengawali startup Anda harus memiliki keberanian dan percaya diri untuk memulainya, dan jadikan kedua hal ini sebagai tulang punggung startup Anda. Memang selalu ada kemungkinan Anda akan gagal, tetapi entrepreneur yang sukses selalu percaya diri dan belajar dari kegagalan.

Itulah 4s yang harus anda pahami dalam mengembangkan startup.

Sumber

Translate »