Fungsi Cc dan Bcc pada Email

Cc adalah singkatan dari carbon-copy yang artinya adalah copy-salinan.  Dalam surat-menyurat Cc berarti juga tembusan, agar maksud surat ‘perlu diketahui’ oleh seseorang.

Jadi saat menulis surat atau email, kita bisa mengirim satu surat kepada satu orang atau sekaligus kepada banyak orang, banyak tujuan yang dituliskan di dalam to: bapak A, bapak B, bapak C, ibu D, tuan E, nona F. Si A, B, C, D, E dan F adalah orang-orang yg dituju, mereka dalam hal ini dianggap memiliki kepentingan yang sama dengan surat tersebut.

Contoh lain dalam surat-menyurat bisnis, misal kita menulis satu pernyataan keberatan atas tindakan si bapak A, seorang supervisor di bagian perbaikan komputer dan kita ingin si bapak M sebagai Managernya si bapak A juga mengetahui akan unjuk kerja si bapak A, maka kita menuliskan to: bapak A dan Cc: bapak M untuk surat yang sama. Maka yang sangat berkepentingan dengan surat itu adalah si bapak A, sedangkan bapak M hanya perlu mengetahui, tetapi tentu saja ada satu harapan dalam pen-Cc-an surat itu agar bapak M bisa menegur si bapak A kalau dia tidak bisa melakukan unjuk kerja yang baik.

Selain Cc juga terdapat Bcc, atau black carbon copy yang merupakan salinan yang sengaja dikirimkan sedemikian rupa dimana orang yang dituju (to: misal bapak A) dan orang yang mendapatkan salinan (Cc: bapak M) tidak akan mengetahui bahwasanya kita telah mengirimkan surat ini kepada seseorang yang lain misalnya kepada bapak H sebagai direktur personalia.

Pada saat surat/email itu dikirim dengan to: bapak A, Cc: bapak M, Bcc: bapak H, maka saat bapak A menerima email dia akan melihat adanya Cc: kepada bapak M, begitu juga si bapak M akan melihat adanya surat to: bapak A, Cc: bapak M (dirinya) tetapi baik bapak A dan bapak M tidak mengetahui bahwa surat itu juga melayang ke alamat Bcc: bapak H. Cara ini dimaksudkan untuk merahasiakan kepada A dan M bahwasanya bapak H, direktur personalia mendapatkan salinan surat itu. Jadi kalau A dan M tidak bisa bekerja dengan baik, tidak menyelesaikan permasalahan si pelanggan (dalam hal ini, kita) maka bapak H dapat membuat penilaian buruk untuk A dan M.

Translate »