Bagaimana Jack Ma Berubah dari Guru Bahasa Inggris Menjadi Entrepreneur

Tahun 1995, Jack Ma menaiki sepedanya untuk bekerja di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Dalam kegelapan ia menyaksikan dua orang pria mencoba mencuri penutup saluran air di jalan. Ia tidak tahu kungfu dan sangat kurus sehingga ia tahu bahwa ia tidak bisa menandingi keduanya. Maka dari itu, ia menaiki sepedanya mencari polisi tetapi tak bisa menemukan polisi. Ia cemas karena beberapa hari sebelumnya seorang anak jatuh dalam saluran air tanpa penutup sampai tewas.

Malam itu, Jack berpikir seseorang harus menghentikan mereka sehingga ia kembali dan menghampiri keduanya,”Anda semua harus mengembalikan itu.” Mereka menatap Jack dan ia sudah siap lari jika dikejar. Jack masih tak tahu bagaimana ia bisa mendapatkan keberanian untuk menghampiri mereka.

Kemudian seorang lainnya muncul dan menanyakan apa yang terjadi. Jack senang ada orang lain datang dan ia pikir bisa menerima bantuannya. Sehingga ia mengatakan bahwa kedua orang tadi mencoba mencuri penutup saluran air dan harus mengembalikannya. Tiba-tiba ia merasa ada kamera yang mengarah padanya.

Ternyata itu adalah orang dari stasiun televisi lokal dan ini adalah ujian untuk mengetahui bagaimana reaksi orang pada mereka yang mencoba mencuri penutup saluran air. Kemudian Jack menemukan bahwa ialah satu-satunya orang di Hangzhou yang berhasil melewati ujian itu.

Kemudian stasiusn televisi itu mengudarakannya dan banyak pemirsa berpikir Jack tampak lebih mirip sebagai seorang pencuri daripada kriminal. Itulah pertama kalinya Jack tampil di televisi. Jack berpikir insiden itu menarik karena saat dunia berubah, tak akan ada perbuhana jika Anda tidak bertindak. Jika Anda bertindak, Anda bisa memanfaatkan sesuatu dari tindakan itu.

Kedua kalinya Jack tampil di televisi ialah program Oriental Times CCTV. Di sana kehidupannya ditampilkan. Ia membicarakan tentang bagaimana ia mengunjungi kementerian pemerintah lokal untuk mendorong penggunaan Internet dan ia mendapat penolakan terus menerus. Saat episode selesai, produsen mengulasnya dan mengatakan mereka tidak bisa menggunakan ini karena Internet merupakan topik yang peka dan karena Jack Ma tampak seperti seorang kriminal.

Menjadi Entrepreneur

Selama waktu itu, Jack tidak pernah diberitahu bahwa dirinya mampu, cerdas atau ia bisa sukses suatu saat nanti. Di akhir tahunn 1994, ia mulai bekerja di bidang Internet. Ia pasti menjadi orang pertama di Tiongkok yang melakukan itu (setidaknya lebih awal dari para pesaingnya). Jack hanya memiliki uang 50 ribu yuan untuk mendirikan bisnisnya. Namun, ia tahu bahwa sepanjang ia belum mati, akan masih ada banyak harapan.

Jack merasa kesepian saat ia mulai bekerja di Internet. Tak seorang pun percaya padanya dan ia tak tahu apapun mengenai teknologi komputer. Kini Jack berterimakasih pada semua yang sudah terjadi dan semua temannya selama ini.

Ia sangat berterima kasih pada semua inspirasi yang ia terima di Silicon Valley. Tiap kali pJack ke Silicon Valley, ia menyaksikan lahan parkir yang penuh bahkan di akhir pekan. Setiap orang di sana berharap akan berhasil di masa datang dan pikiran mereka penuh dengan ide.

Setelah kembali ke Tiongkok, ia selalu bertanya pada dirinya mengenai apa yang harus ia lakukan untuk mengejar. Dan ia makin tak mengenal rasa takut. Di tahun 2001, ia diundang berbicara di Harvard dan berhasil pada akhirnya.

Jack mengatakan pada pengajar dan mahasiswa Harvard bahwa ada 3 alasan mengapa Alibaba sukses.

1. Mereka tak punya dana

2. Mereka tak paham teknologi

3. Mereka tak punya rencana

Beranikah Anda mengikuti jejak Jack Ma?

Translate »