Ayo Mendunia di Facebook Awards 2016!

Semakin banyak bisnis yang menggunakan Facebook dan Instagram untuk terhubung dengan pelanggan serta menyampaikan cerita mereka. Facebook Awards 2016 kembali digelar sebagai penghargaan untuk hasil karya kreatif terbaik yang telah di-share di FB. Ajang ini untuk menunjukkan kekuatan Facebook dan Instagram sebagai kanvas kreatif. “FB Awards kini memasuki tahun kelima,” Demikian rilis resmi Facebook.

FB Awards 2015 menjadi penghargaan dengan koleksi kreatif terbesar dan yang paling inspiratif sejauh ini. Ada lebih dari 2.700 pendaftar dari 160 negara yang memberikan gambaran tingkat kreativitas dan inovasi yang mereka tampilkan di Facebook, Instagram dan bahkan seluruh industri.

Dengan banyaknya peserta dari luar Amerika Serikat yang mendaftarkan hasil karyanya untuk FB Awards 2015, Facebook membuat penghargaan tahun ini menjadi semakin internasional. Ada sesuatu yang baru di gelaran tahun ini.

Semua negara mendapat kesempatan untuk diakui hasil karyanya di tingkat regional, dengan juri yang merupakan eksekutif kreatif lokal dari setiap kawasan pada event Voting Regional. Pemenang dari setiap event Voting Regional akan mengikuti event penjurian global.

Tahun ini proses penjurian akan melalui tiga tahapan karena banyaknya jumlah pendaftar. Pertama, penilaian dari Facebook Creative Shop sepanjang April. Selanjutnya, Event Voting Regional digelar Mei. Terakhir, pemenang utama dari setiap event akan mengikuti acara penjurian Global pada Juni mendatang.

“Untuk pertama kalinya, semua pendaftar dan proses penjurian secara keseluruhan akan dilakukan secara mobile,” Demikian rilis resmi Facebook.

Semua kategori menggunakan metode penilaian yang sama. Pertama, kreativitas dimana ide brilian dan inspiratif yang akan menjadi kriteria utama. Selanjutnya, para juri juga akan menilai kampanye melalui inovasi, orisinalitas dan eksekusi yang baik.

Kemudian, mempertimbangkan insight utama yang mendorong kampanye tersebut, nilai dari konten yang ditawarkan untuk konsumen dan bagaimana kampanye itu mendorong tujuan bisnis. Terakhir, adalah peranan Facebook dalam kampanye tersebut sebagai kanvas kreatif.

Ini dia kategorinya:

Penggunaan brand Facebook terbaik: Penghargaan untuk konsep kampanye Facebook dan Instagram yang paling kreatif, orisinil dan memiliki eksekusi yang baik. Contoh: Lexus 1000 to 1.

Inovasi: Penghargaan untuk kampanye yang tidak hanya kreatif tetapi juga melibatkan pelanggan dengan cara yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. Contoh: GT Ride Viral Gaming for Kia.

UKM: Penghargaan untuk mereka yang telah berhasil mendapat perhatian dari pelanggan lokal dan mendorong hasil akhir dengan cara berpikir kreatif di Facebook dan Instagram.

Social for good: Penghargaan untuk kampanye organisasi non-profit yang secara kreatif berhasil meningkatkan tingkat kesadaran dan mendorong perubahan sosial yang positif dengan menggunakan Facebook atau Instagram. Contoh: ALS Ice Bucket Challenge, Kafa

Kategori Integrated: Penghargaan untuk kampanye yang secara kreatif menggunakan Facebook sebagai bagian dari keseluruhan media yang beragam. Contoh: P&G Always “Like a Girl”

“Untuk pertama kalinya, FB Awards akan memberi apresiasi untuk pengiklan UKM yang telah menghasilkan hasil efektif dan menakjubkan. Pemenang dari kategori ini akan menerima FB Ad Credits,” sambung rilis tersebut.

Sumber 

Translate »