Analisa Kata Kunci Pencarian Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2015

Kemarin Google Indonesia baru saja merilis informasi seputar pencarian paling populer sepanjang tahun 2015. Semua kata kunci pencarian yang populer ini dikelompokkan berdasarkan kategori yang bisa Anda lihat selengkapnya di sini.

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba memberikan analisa menarik seputar kata kunci pencarian terpopuler di Google Indonesia untuk tahun 2015 ini. Tiga yang paling populer adalah “batu akik”, “go-jek” dan “kue cubit”, seperti yang bisa Anda lihat pada daftar di bawah ini.

Popularitas batu akik memang cukup fenomenal di Indonesia, jadi tidak kaget apabila banyak sekali orang yang melakukan pencarian tentangnya. Setelah mencari dan mempelajari jenis-jenisnya, wajar apabila kita ingin mencoba mencari batu akik sendiri – apalagi setelah mengetahui bahwa beberapa jenis harganya sangat mahal. Alhasil, kata kunci “mencari batu akik” pun masuk sebagai tiga besar dalam kategori “Bagaimana Cara…”

Selanjutnya, kata kunci Go-Jek yang berada di urutan kedua ternyata membawa dampak yang cukup signifikan, yakni keberhasilan aplikasi Go-Jek memuncaki daftar aplikasi gratis di App Store. Setelah saya lihat, ternyata pencarian kata kunci Go-Jek paling banyak terjadi di bulan Agustus, dan pencapaiannya memuncaki daftar aplikasi gratis itu juga terjadi dalam periode yang sama.

Di urutan ketiga, ada kue cubit. Nasibnya serupa dengan batu akik, dimana setelah orang-orang melakukan pencarian terhadapnya, mereka juga ingin tahu bagaimana cara membuatnya. Spontan, kata kunci kue cubit pun memuncaki daftar untuk kategori “Resep”.

Beralih ke kategori lain yaitu “Selebriti”, yang menempati urutan teratas rupanya adalah Cita Citata. Hal ini membawa pengaruh besar atas popularitas sang pendangdut di YouTube, dimana dua videonya berhasil masuk dalam 10 besar video musik terpopuler di YouTube Indonesia – satu video bahkan berada di posisi kedua, tepat di bawah video musik See You Again oleh Wiz Khalifa.

Di kategori “Meme”, meme Haji Lulung adalah salah satu yang paling banyak dicari. Lucunya, orang-orang ternyata tidak banyak melakukan pencarian tentang Haji Lulung itu sendiri, seperti yang bisa kita lihat dari absennya nama Haji Lulung di kategori “Tokoh” – atau mungkin netizensudah tahu betul tentang beliau, sehingga yang dicari hanya meme-nya saja.

Di kategori “Tokoh” sendiri nama Valentino Rossi-lah yang menduduki peringkat pertama. Banyaknya pencarian tentang pembalap asal Itali tersebut juga berdampak pada mencuatnya kata kunci MotoGP 2015 pada daftar kategori “Peristiwa Internasional”.

Menyusul di posisi kedua kategori “Tokoh” adalah Bon Jovi. Pencarian kata kunci Bon Jovi sendiri paling banyak dilakukan di bulan September, bertepatan dengan konsernya yang diselenggarakan di ibukota.

Dari sini sebenarnya bisa disimpulkan kalau kita banyak melakukan pencarian tentang sesuatu berdasarkan peristiwa yang sedang hot pada masa tersebut. Di bulan Desember ini sendiri, topik pencarian yang paling populer adalah Star Wars, dimana orang-orang banyak melakukan penelusuran tentang karakter-karakter baru yang bakal muncul di episode ketujuh dari film tersebut nanti.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=q7o7R5BgWDY]

SUMBER

Leave a comment

Translate »