7 Trik Memotivasi Diri Melalui Pikiran

Ada banyak hal setiap hari yang harus kita kerjakan, namun terkadang pekerjaan atau kegiatan tertunda karena kurang adanya motivasi dari diri. Para pakar produktivitas, manajemen waktu, dan motivasi memberikan 7 trik memotivasi diri melalui pikiran yang mereka gunakan dalam keseharian.

7 Trik Memotivasi Diri Melalui Pikiran

1. Christine Hassler, M.A., seorang penulis, pembicara, dan coach tentang kehidupan, mengatakan bahwa ia selalu membayangkan dirinya berhasil menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Ia menghabiskan sekitar lima menit dengan menutup mata dan membayangkan bagaimana ia merasakan, melakukan, hingga mendapatkan hasil yang ia inginkan. Otak tidak dapat membedakan antara pikiran yang dibayangkan dengan kenyataan. Dan ini kemudian membuat proses memiliki cara yang mudah dan memvisualisasikan atau membayangkan hasil sukses akan membuat seseorang lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan.

2. Elizabeth R. Lombardo, Ph.D., M.S., P.T, seorang penulis “Better than Perfect: 7 Strategies to Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love”, menyebut bahwa ia mencari tahu prioritas yang harus dia lakukan dan membuat rencana agar semua berjalan dengan baik. Susun semua rutinitas dalam jadwal, termasuk semua proses sekecil apapun harus dilakukan tidak terlewatkan.

3. Markman, PhD, profesor Psikologi dan Pemasaran di University of Texas at Austin dan penulis di Smart Change, mengatakan bahwa ia sering membuat tenggat waktu palsu pada kalendernya, yang bertujuan untuk kita dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas lebih awal dari deadline yang sebenarnya. Dengan cara ini, maka proyek-proyek jangka panjang tidak terlewat atau terabaikan. Dengan kata lain, trik ini merupakan trik menipu diri sendiri.

4. Samantha Ettus, ahli keseimbangan kerja dan hidup, menyebut bahwa mendapatkan inspirasi dari orang lain harus tertanam dalam pikiran. Banyak orang-orang hebat di luar sana yang sebidang ataupun tidak sebidang dengan kita, yang bisa menjadi inspirasi. Luangkan pula beberapa menit setiap hari untuk membaca kisah atau kutipan inspiratif.

5. Christine Hassler, M.A., penulis, pembicara, dan coach tentang kehidupan, selalu meminimalkan gangguan di sekitarnya, mulai dari menonaktifkan telepon, email, media sosial, dan lainnya. Ini akan membantu kita untuk lebih fokus pada pekerjaan. Pikiran kita harus bersih dari segala hal yang menggangu konsentrasi.

6. Elizabeth R. Lombardo, Ph.D., M.S., P.T, ia juga menyebut bahwa jangan menunggu. Fokuslah pada hal yang baik, bukan sempurna. Jangan menunggu waktu, meskipun sebentar karena hanya akan membuang-buang waktu serta kesempatan. Tidak perlu selalu terpaku pada proyek yang besar, namun kerjakanlah setiap hari walaupun hal yang kecil. Pada akhirnya, tujuan yang diinginkan akan tercapai.

7. Samantha Ettus mengatakan hal terakhir yang menjadi poin untuk memotivasi diri adalah dengan memberikan penghargaan untuk diri sendiri. Apapun bentuknya, diri kita berhak mendapatkan suatu hadiah, mulai dari makanan yang nikmat, spa, menonton konser, dan lainnya. Semua hadiah dapat divisualisasikan selama melakukan pekerjaan sebagai bantuan untuk menyelesaikannya.

Itulah 7 trik memotivasi diri melalui pikiran yang perlu kita tahu dan kita coba.

Comments

ali suryadi
July 17, 2016

tips no.3 belum pernah dicoba.. seperti menghipnotis diri sendiri ya

Leave a comment

Translate »