7 tip bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah bukan berarti semaunya. Jika menerapkan kebiasaan tertentu, Anda bisa merampungkan lebih banyak pekerjaan.

Inilah 7 tip bekerja dari rumah, seperti dirangkum dari Mental Floss.

1. Area khusus bekerja

Tentukan satu ruangan atau area khusus untuk bekerja. “Bagi saya, ketika memasuki kantor –yang adalah ruangan berpintu dengan meja– berarti saya pergi bekerja,” ujar Virginia Ginsburg, pemilik perusahaan konsultasi bisnis Sweel Strategies. Virginia sudah bekerja dari rumah 12 tahun lamanya.

2. Buat jadwal

Jika Anda menunda pekerjaan satu jam saja, maka Anda akan membayarnya dengan lembur. Sama seperti bekerja di kantor.

Jadi tentukan jadwal, mulailah tepat waktu, dengan harapan Anda juga selesai tepat waktu. Jam kerja terserah Anda, selama tidak mengganggu rekan kerja atau bisnis.

3. Pakaian layak

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda pakai baju tidur sepanjang hari. Usahakan Anda tetap mandi pagi dan berpakaian layak. Tidak perlu celana bahan dan kemeja. Asal rapi dan bersih, niscaya Anda bis alebih fokus.

4. Jangan tunda pekerjaan

Sebaiknya Anda tetap mengikuti jadwal. Jangan menunda pekerjaan untuk mengerjakan tugas rumah yang lain. Dengan demikian, produktivitas Anda tak mengendur. Injak gas pol agar selesai tepat waktu. Anda bisa langsung melakukan tugas yang tertunda.

5. Istirahat

Seperti halnya orang bekerja di kantor, Anda juga butuh istirahat. Riset membuktikan, Anda akan lebih produktif saat kembali bekerja setelah beristirahat. Usahakan Anda beranjak dari kursi dan bergerak.

Waktu yang disarankan adalah, 52 menit bekerja, 17 menit istirahat.

6. Antisosial

Saat bekerja, pastikan Anda tak tergoda melirik akun media sosial. Path, Twitter, Facebook, semua bisa Anda baca dan komentari nanti. Saat istirahat, atau setelah bekerja. Sedapat mungkin letakkan gawai jauh dari jangkauan.

7. Bertanggung jawab

Jika Anda merasa lelah di penghujung hari, sila coba memantau jam kerja. Misal, Anda merasa sudah produktif, ternyata baru 5 jam bekerja. Maka ada isu produktivitas yang sebaiknya segera diatasi.

Setelah jam kerja selesai, buatlah semacam ulasan. Apakah rencana Anda sudah sesuai dengan hasil hari ini?

Dalam praktik bekerja dari rumah, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan. Entrepreneur punya sejumlah tip yang bisa Anda coba.

  • Pilih kursi dan meja kerja yang layak untuk mendukung postur duduk
  • Beranjaklah dari kursi setiap satu jam
  • Pastikan kudapan sehat selalu tersedia di dapur dan kulkas
  • Tetaplah bersosialisasi walau di rumah tak ada teman kerja.

Comments

ella katunik
July 16, 2016

Tips jitu buat saya pribadi.. Okee

Leave a comment

Translate »