7 Aktivitas yang Menghalangi Waktu Produktifitas Kamu Tanpa Disadari

Pernahkah kamu merasa bahwa waktu 24 jam jam sehari tidak cukup bagi kamu? Entah itu ketika belajar, bekerja, ataupun menjalankan bisnis rumahan? Kamu harus berusaha keras untuk lebih produktif setiap harinya, tapi apa yang kamu rasakan bahwa waktu yang tidak cukup untuk mendukung semua aktivitas kamu. Berdasarkan keadaan tersebut kamu membuat sebuah kesimpulan bahwa waktu yang ada terlalu singkat.

Tetapi bila dipikirkan kembali ternyata setiap orang mempunyai waktu yang sama yakni 24 jam sehari, tetapi mengapa mereka bisa produktif sedangkan kamu tidak? Nah, bila kamu mempunyai permasalahan serupa, mungkin tanpa disadari kamu telah melakukan kesalahan dengan melakukan aktivitas yang mengurangi waktu produktif. Apa saja kesalahan tersebut? Berikut beberapa kegiatan yang harus dihindari agar bisa meningkatkan produktivitas.

Tujuh Aktivitas yang Menghalangi Waktu Produktifitas Kamu Tanpa Disadari

1. Mengobrol dengan Teman Kerja Tentang Banyak Hal yang Tidak Ada Hubungannya dengan Pekerjaan

Salah satu hal yang harus kamu hindari agar bisa lebih produktif adalah menghindari mengobrol dengan rekan kerja tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Mengobrol dengan rekan kerja dalam waktu yang lama akan mempengaruhi mood kamu dalam bekerja. Sebaiknya bila rekan kerja kamu mengajak mengobrol dalam waktu yang lama sebaiknya sudahi aktivitas tersebut dengan meminta ijin untuk kembali bekerja.

Selain itu bila tiba waktu istirahat cobalah untuk beristirahat di luar kantor. Menjauhkan diri selama beberapa waktu dari meja kerja akan mengembalikan semangat kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Menghabiskan Waktu yang Sangat Lama di Internet

Di zaman yang serba modern saat ini mungkin internet sudah menjadi salah satu bagian kebutuhan pokok seseorang. Hal itu bisa dilihat dari kebiasaan seseorang yang menghabiskan banyak waktu di internet. Mungkin awalnya mereka hanya ingin mencari beberapa informasi penting di website atau sosial media agar bisa terus update tentang informasi terkini.

Tapi tanpa disadari akhirnya mereka menghabiskan banyak waktu untuk online. Solusi terbaik agar tidak terjebak dalam aktivitas yang tidak produktif ini adalah sebelum browsing sebaiknya mencatat informasi apa saja yang akan dicari setelah itu baru melakukan browsing dan fokus pada informasi yang ingin diketahui. Bila telah mendapatkan informasi tersebut segera keluar dari browser kamu.

3. Sering Melakukan Meeting yang Bertele-tele dan Sia-sia

Sudah menjadi kebiasaan buruk dalam lingkungan kerja yakni terlalu sering melakukan pertemuan yang sia-sia. Mereka biasanya menghabiskan banyak waktu untuk membahas hal-hal yang sia-sia sehingga mempersingkat waktu untuk melakukan hal yang produktif.

Cara terbaik untuk menghindari kebiasaan ini adalah dengan menentukan terlebih dahulu tema bahasan dan setiap anggota meeting telah membawa data informasi yang dibutuhkan pada saat meeting. Hal ini akan mempersingkat waktu meeting dan meningkatkan produktivitas kerja

4. Melakukan Banyak Pekerjaan dalam Sekali Waktu

Banyak orang yang berfikir bahwa mereka bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Dan lebih parahnya mereka menganggap hal tersebut lebih efesien. Tetapi menurut berbagai penelitian mengambil kesimpulan bahwa mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu merupakan kegiatan yang tidak efesien.

Apabila orang melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan akan mengurangi fokus dan konsentrasi pada seseorang. Hal tersebut mengakibatkan hasil yang didapat dari pekerjaannya menjadi kurang maksimal.

5. Menunda Pekerjaan yang Lebih Susah dengan Mendahulukan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Kebiasaan ini yang sering dilakukan oleh banyak orang. Setiap orang sering mengerjakan pekerjaan yang dianggap mudah terlebih dahulu. Tetapi, menunda pekerjaan yang lebih susah sama berarti pekerjaan tersebut belum dikerjakan sama sekali.

Usahakan untuk mengerjakan pekerjaan yang susah terlebih dahulu ketika tenaga dan semangat kamu masih kuat. Selanjutnya baru pekerjaan yang lebih mudah.

6. Melakukan Planning Secara Berlebihan

Menyusun rencana sebelum melakukan suatu hal memang sangat dianjurkan, tetapi bila perencanaan dilakukan secara berlebihan maka hal itu akan menghambat produktivitas kamu. Menyusun rencana secara berlebihan akan menguras pikiran dan tenaga sehingga akan menyebabkan stress.

Apalagi bila rencana tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu sebaiknya buatlah rencana seperlunya saja dan lakukan eksekusi apa yang telah direncanakan.

7. Menghabiskan Banyak Waktu untuk Tidur dan Bermalas-malasan

Banyak orang yang menekan tombol snooze untuk tidur selama beberapa menit lagi. Tetapi daripada menekan tombol snooze ada baiknya kamu untuk segera bangkit dari tempat tidur. Dengan begitu ketika bangun dari tempat tidur secara alami tubuh akan mengeluarkan hormon yang menambah semangat untuk menjalani aktivitas. Dan setiap kali anda menekan tombol snooze, anda akan memperlambat proses pelepasan hormon tersebut, sehingga secara tidak sadar anda mungkin akan ketiduran lagi.

Leave a comment

Translate »