5 Tips Ampuh Agar Usahamu Bertahan Dalam Persaingan

Persaingan dalam dunia usaha memang tak bisa dihindari. Nantinya saat usaha mulai berkembang yang namanya pesaing akan mulai berdatangan. Terlebih lagi bila usaha yang digeluti potensial dan tidak sulit untuk diikuti.

Dalam menghadapi situasi seperti ini kecemasan seringkali terjadi apalagi bila usaha yang dijalankan mulai mengalami penurunan. Daripada kamu sibuk mengeluh akan kehadiran si pesaing usaha. lebih baik kamu fokus untuk memikirkan bagaimana caranya memajukan usahamu.

Jika ingin tahu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis berikut tips-tipsnya:

1. Pelayanan yang Baik

Konsumen adalah raja. Prinsip inilah yang harus dipegang teguh oleh pengusaha. Karena dengan pelayanan yang baik, pelanggang secara tak langsung akan terikat denganmu. Situasi seperti ini sangat menguntungkanmu dalam persaingan. Terutama bila sainganmu adalah pesaing baru.

karenanya lakukan pelayanan yang ramah dan nyaman kepada konsumen. Sebab biasanya para pelanggan akan lebih memilih produsen yang sudah mereka percaya, dari pada produsen baru yang belum mereka kenal.

2. Harga yang Bersaing

Harga adalah sebuah titik penentu bagi sebuah usaha, Oleh sebab itu cobalah untuk bermain harga. Namun perlu diingat dalam harga terdapat nilai jual sekaligus prestis dari sebuah produk. Jadi pastikan kamu bijak dalam menentukan harga, jangan sampai keputusanmu soal harga malah menjatuhkan usahamu.

3. Inovasi Terhadap Produk

Lakukanlah inovasi pada usahamu. Inovasi bisa berupa sistem layanan yang lebih efektif, atau produk lain yang belum ada dipasaran. Buatlah roduk yang unik dan khas, Dengan begitu kamu akan mendapatkan sebuah penjualan baru yang lebih potensial.

4. Bangun Sistem

Buatlah sistem usaha yang stabil dan kuat. Karena sebuah sistem yang kuat akan membantu usaha bertahan lebih lama dan lebih mudah dalam mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

5. Perluas pasar

Untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memperluas pasar. Perluasan pasar ini juga bisa diartikan sebagai perluasan fokus dan target market yang disasar. Selain itu perluasan pangsa pasar juga bermanfaat menambah pendapatan sekaligus nilai tambah dari para pelanggan terhadap produk yang kamu jual.

Translate »