5 Ciri Seseorang Berjiwa Pemimpin

Setiap individu memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dengan ditunjukkan oleh beberapa kualitas kunci yang menjadi dasar berkembangnya jiwa kepemimpinan. Sebenarnya, banyak sekali individu potensial, namun tidak menyadari kualitas dalam dirinya.

Lima ciri seseorang berjiwa pemimpin

1. Memulai sesuatu dengan pertanyaan “mengapa?”

Orang lain dapat patuh dan mengikuti Anda karena mereka percaya bahwa Anda memiliki tujuan dan alasan yang kuat. Alasan yang realistis dan optimis ini memberikan inspirasi pada orang lain untuk mengikuti Anda.

2. Memiliki kepercayaan diri dalam mengambil keputusan

Ketika menghadapi suatu masalah Anda dapat fokus dalam mencari solusi yang sering kali out of the box secara cepat. Anda secara tegas dan percaya diri dapat mengambil keputusan yang tepat sekaligus menjalankannya.

3. Mau mendengarkan orang lain

Walaupun Anda memiliki pengetahuan yang cukup, namun Anda selalu dapat dan mau saling mendengarkan orang lain serta menemukan cara belajar dari hal baru yang ada dari sekitar Anda. Pemikiran Anda terbuka pada segala masukan, bantuan hingga keluhan dari orang lain. Kesabaran Anda dalam menghadapi orang lain, tidak dipertanyakan lagi.

4. Mengembangkan dan memberikan motivasi pada orang lain

Anda menginginkan orang lain untuk berkembang, baik rekan kerja Anda maupun keluarga Anda. Hal tersebut membuat Anda selalu berusaha memberikan motivasi dan apresiasi pada mereka juga melakukan hal-hal yang dapat menunjang mereka untuk terus menjadi lebih baik.

5. Sungguh-sungguh peduli pada orang lain

Kepedulian Anda pada orang lain mencapai tahap yang lebih personal. Anda memiliki empati tinggi dan respek terhadap keputusan orang lain. Hal inilah yang dapat membentuk loyalitas dan kenyamanan untuk mengikuti Anda.

Leave a comment

Translate »