5 Cara yang Harus Diketahui Dalam Membangun Startup

Dalam dunia startup, mudah sekali untuk jatuh dalam jurang kebiasaan yang hanya mengutamakan bertindak cepat dibandingkan berfikir dan akhirnya kegagalan dan kekacauan yang akan didapatkan. Kemajuan bisnis memang tujuan utamamu. Tapi berfikirlah dampak apa yang akan datang saat ini, esok, dan masa depan untuk bisnismu.

Dan inilah 5 cara yang harus diketahui dalam membangun startup:

1. Tunggu kesempatan kamu
Meskipun kamu memiliki ratusan ide terbaik kamu untuk bisnis, tapi sebaiknya kamu tahan dulu untuk memperkenalkan bisnismu ke pelanggan, pastikan waktu yang tepat, dan cari tahu apa yang sedang mereka butuhkan dan ramai diperbincangkan, bagaimana pula tindakan pembisnis lain. Hal ini akan membantu untuk mempertimbangkan strategimu saat akan mulai mengeluarkan produk dan menghindari  dari kebangkrutan dini.

2. Lakukan dengan kualitas
Ketika kamu pertama memulai bisnis, yang menarik adalah untuk memilih vendor yang memberikan hal yang tercepat dan termurah, kamu harus cenderung lebih bijaksana. Ketika membuat keputusan yang kritis tentang partner dan produksi, coba selalu pertimbangkan apakah tawar menawar itu kesepakatan terbaik.

3. Dokumentasi
Dokumentasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnismu, setiap aspek di perusahaan seperti partnership, customer, dan semua operasi yang berjalan harus didokumentasikan karena kamu tidak mungkin bisa menjaga dan menyimpannya di dalam kepalamu kan? Karena ketika seseorang ikut bergabung di perusahaanmu, mereka pasti membutuhkan semua dokumen itu, dan ini juga membantu mereka agar bekerja secara efektif, teratur, dan jadikan itu sebagai peraturan tetap di perusahaanmu nantinya.

4. Keuangan
Sebagai pendiri kamu harus memprioritaskan akuntansi, karena hal ini menyebabkan kreadibilitas apakah kamu memiliki bisnis yang layak atau tidak. Jika kamu tidak punya kemampuan untuk melakukannya sendiri, kamu bisa menyewa kepala keuangan yang dapat melakukannya untukmu atau bisa juga dengan menyewa tenaga akuntan. Kamu harus menunjukkan kontrol atas keuangan dan menunjukkan ukuran pertumbuhanmu secara finansial. Saat kamu sudah tumbuh dan berkembang, kamu bisa melaporkanya secara akurat dan mulus untuk stakeholder.

5. Persiapkan sistem pendukung yang kuat untuk karyawan
Karyawan yang tertarik untuk startup biasanya berkembang dengan cepat dan memiliki rasa petualangan yang tinggi. Karyawan merasa perlu dihargai dan merasa aman dan termotivasi untuk bekerja keras setiap hari, pastikan bahwa timmu dapat memberi hasil maksimal seperti apa yang kamu harapkan dan apa yang mereka harapkan darimu, berikan uraian tugas manual yang jelas untuk memberikan kenyamanan pada timmu.

Untuk membangun startup, pastikan kamu gunakan  ke-5 cara tersebut.

Translate »