3 Startup dengan Founder dari Kalangan Selebriti di Indonesia

Bergelut dengan dunia startup tidak hanya diminati mereka yang telah lama menjadi pebisnis atau programmer. Terbukti dengan banyaknya tokoh selebriti di Indonesia yang ikut terjun untuk merasakan memulai bisnis rintisan — alias startup — di berbagai lini.

Dalam daftar startup yang didirikan selebriti ini, Tech in Asia menemukan bahwa lini e-commerce cukup diminati untuk mereka jalankan. Namun beberapa artis lainnya juga mengoperasikan lini lainnya. Penasaran siapa saja tokoh yang dimaksud? Simak penjelasan berikut.

3 Startup dengan Founder dari Kalangan Selebriti di Indonesia

Christian Sugiono – MalesBangetDotCom (MBDC)

Christian Sugiono MBDC | Image 1

Suami dari artis Titi Kamal ini memang sudah menjalankan perannya sebagai Co-Founder dan CEO dari MalesBangetDotCom sejak tahun 2002. Bisnis yang dijalankan MBDC memang menitikberatkan pada konten yang berisi humor dan tip-tip yang nyeleneh.

Pria ini juga telah bercerita tentang bisnis yang dijalankannya bersama Aryo Sayogha danArianjie Az kepada Tech in Asia. Simak lebih lengkap tentang perjalanan Christian Sugiono dalam membangun MBDC di sini.

Giring Nidji – Kincir

Giring Ganesha Kincir | Image 4

Pengalaman pria bernama Giring Ganesha di dunia musik telah membawanya untuk menciptakan platform yang membuat para penggemar musik untuk lebih dekat dengan idolanya. Platform tersebut diberi nama Kincir dan diluncurkan pada 2013 lalu.

Sama seperti media sosial pada umumnya, melalui aplikasi ini pengguna bisa mengikuti akun idolanya, menambah teman atau sesama fan, memberi komentar, like, atau share. Dalam setiap halaman akun idola, pengguna bisa melihat jumlah fan, profil, foto, video, timelineyang berisi post dari idola, dan timeline yang berisi post dari para fan.

 Alice Norin – 8wood

Alice Norin | Image 6

Artis cantik Alice Norin membangun 8wood bersama dengan suaminya Alvin Yudhapatria sejak 2013. Awalnya mereka membangun e-commerce ini karena berpikir untuk menjalankan bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar.

Menyadari dengan banyaknya e-commerce di lini fashion, 8wood mengkhususkan diri dengan tampilan foto produk semenarik mungkin bagi pengguna. Selain tampilan yang menarik, 8Wood juga menggunakan media sosial untuk menarik konsumen mereka. Melalui komentar dan interaksi di media sosial, 8Wood mengklaim bahwa mereka memproses sekitar 100 order per harinya meski tanpa upaya pemasaran.


Selain dari empat startup di atas, sebenarnya ada beberapa nama lainnya yang mencoba mendirikan startup namun tidak berlangsung lama. Sebut saja artis cantik Pevita Pearce dengan platform Qeepo yang menghubungkan pengguna dengan idolanya, kini situsnya sudah tidak dapat diakses dan update aplikasi miliknya terakhir dilakukan pada Desember 2015.

Atau Bebelian yang merupakan e-commerce untuk barang pre-loved milik selebriti yang didirikan oleh Dewi Rezer, sudah lama tidak memberi update di laman dan media sosial Bebelian. Beberapa nama startup lainnya yang didirikan oleh selebriti tidak bertahan cukup lama di pasaran.

Terlepas dari kesan bahwa nama sang artis hanya untuk mendongkrak popularitas, tidak bisa dipungkiri bahwa nama besar memiliki peran untuk dikenal masyarakat lebih luas.

Leave a comment

Translate »