10 Tips dari Orang yang Pernah Gagal Berulang Kali

Kegagalan memang selalu terasa menyakitkan, entah itu gagal untuk pertama kalinya atau sudah yang kebeberapa kali. Namun, meski kamu gagal, gagal lagi dan mungkin akan gagal lagi, jangan pernah putus asa. Pasalnya, kegagalan yang kamu alami adalah proses yang wajib kamu hadapi kalau mau berhasil. Supaya tetap semangat, ini lho ada tips dari orang yang sudah pernah gagal berulang kali !

Sepuluh Tips dari Orang yang Pernah Gagal Berulang Kali

1. Mencoba sekali dua kali saja tidak akan cukup.

Yap, Thomas Alfa Edison saja konon membutuhkan lebih dari ribuan kali percobaan sebelum akhirnya menemukan lampu. Mungkin saja kamu tidak berjodoh dengan bisnis yang sedang kamu coba sekarang, dan berjodoh dengan bisnis lainnya. Jadi, teruslah mencoba.

2. Coba bayangkan hal terburuk, bukan hal positif saja.

Bukan berarti kamu wajib pesimis, namun berpikirlah secara realistis. Tentu bisnismu berpeluang 50% untuk berhasil dan 50% gagal.

3. Kamu harus benar-benar menyiapkan mentalmu untuk menghadapi yang terburuk.

Setidaknya, kalau kamu sudah bersiap untuk yang terburuk, saat jatuh kelak kamu tidak terlalu merasakan sakitnya. Terburuk di sini contohnya adalah keadaan dimana kamu merugi di bisnis dan masih memiliki hutang kepada bank/orang lain untuk modal awal usahamu.

4. Terus menerus mencoba dan jangan pernah lelah belajar.

Orang sukses dan terkaya di dunia seperti Bill Gates saja masih rutin membaca buku, lho! Apalagi kamu, tentu saja kamu wajib terus menerus belajar. Hanya ada satu kebenaran di dunia, yaitu “Kamu masih belum mengetahui apapun.”

5. Tak ada sesuatu yang sempurna, jadi jangan pernah puas.

Sebenarnya, kepuasan adalah awal mula dari kegagalanmu. Di dunia ini sama sekali tak ada yang sempurna. Jadi tentu masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki dalam bisnismu. Ketika kamu sudah mencapai target yang kamu tetapkan sendiri, jangan langsung berpuas diri. Pasang target berikutnya yang lebih tinggi.

6. Dengarkan setiap orang yang mengkritik, memberi nasihat, atau masukan untukmu.

Entah itu masuk akal atau tidak, dengarkan saja dulu. Nantinya, kamu akan bisa menyaring mana yang benar-benar bermanfaat dan mana yang tidak masuk akal atau tidak cocok untuk kamu terapkan.

7. Catat segala kekuranganmu, agar kamu tahu apa yang tidak boleh dilakukan.

Kamu tentu punya kekurangan yang kamu sendiri sadar bahwa hal tersebut bisa merugikanmu. Kamu mungkin tidak bisa langsung menghilangkan kekuranganmu, namun kamu bisa mencatatnya dan memberi pengingat supaya kamu tidak melakukannya (dengan sering).

8. Selalu sediakan rencana cadangan dan berpikir optimis.

Untuk meminimalisir presentase kegagalanmu, setidaknya kamu memiliki beberapa rencana cadangan. Jadi, saat rencana pertamamu gagal, kamu memiliki opsi-opsi lain untuk bangkit dan setidaknya menghindari keterpurukan.

9. Hindari merasa panik, renungkan rencana dan bisnismu, kemudian perbaikilah.

Ketika kamu menghadapi sebuah kegagalan, terlebih jika itu pertama kalinya kamu gagal, usahakan untuk tetap tenang dan berpikir jernih. Kepanikanmu tak akan menyelesaikan masalah, justru cenderung untuk memperburuk keadaan.

10. Bangun dan berdiri lagi dengan tegap setiap kamu tersandung dan jatuh. Bersabarlah, kamu pasti bisa!

Yap! Yang penting kamu tetap bersemangat. Pasti akan ada momen dimana kamu akan berhasil, kok. Tinggal terus mencoba peluang-peluang yang ada saja. Ingat, mungkin ini langkahmu selanjutnya untuk menuju kesuksesan!

Comments

helmirza
July 16, 2016

Mantap Top Tips .. Trims

Leave a comment

Translate »