10 Iklan YouTube Terpopuler di Indonesia

Google mengumumkan daftar iklan YouTube terpopuler di Indonesia pada paruh kedua tahun 2015 dan terpilihlah 10 iklan dengan tampilan paling kreatif dan berkesan bagi masyarakat.

Dari ke-10 iklan ini, kategori musik dan komedi dianggap yang paling memberikan kesan bagi penonton di Indonesia.

“Di YouTube, feedback akan langsung ada, dan hasil akan juga terlihat. Berbagai macam target iklan bisa dilakukan untuk semua segmen, dan ini tentu akan sulit bila di medium lain,” papar Tony Keusgen, Country Director di Google Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/1).

“Setiap anggaran tentu terbatas dan seharusnya dialokasikan sesuai efektivitasnya. Di YouTube, Anda hanya membayar iklan saat iklan dilihat dan Anda yakin investasi kreatif akan membawa hasil yang memuaskan,” tambah dia.

Salah satu perusahaan e-commerce, Bukalapak misalnya. Iklan mereka terlihat sebagai sketsa absurd namun lucu, yang menampilkan citra perusahaan menghemat anggaran pemasaran setelah promosi diskon besar-besaran di Hari Belanja Online (Harbolnas) lalu.

Selain itu, ada pula iklan kampanye KitKat, yang memanfaatkan tren terkini film silat atau kung fu domestik. Dalam iklan itu ditampilkan pula seorang pendekar keras kepala yang melakukan perjalanan berbahaya,dengan menumpang angkot reyot dan sebuah smartphone sebagai penunjuk arah.

Hasil temuan Google juga memperlihatkan penonton di Indonesia relah menghabiskan waktu beberapa menit untuk menonton iklan YouTube karena sesuai dengan minat mereka.

Bahkan iklan K-Food yang berdurasi lebih dari 8 menit termasuk dalam iklan terfavorit ini. Kepopuleran drama televisi Korea dan musik Korea (K-Pop) di Indonesia ditenggarai menjadi salah satu alasannya.

Berikut daftar lengkap10 iklan YouTube terpopuler versi Google:

1. Oreo Penuh Keajaiban (durasi 1:00)

2. Nestle KitKat – Mentok The Legend: Pendekar Golok Emas (durasi 2:50)

3. Permohonan Maaf CEO Bukalapak.com (durasi 0:31)

4. LINE: Let’s Get Rich x JKT48 (durasi 1:13)

5. Hewan lucu ini menjelajah berbagai hal dengan UC Browser! (durasi 1:10)

6. Misteri Hilangnya Kompas TV x Raditya Dika (durasi 3:17)

7. Samsung Galaxy Note5: Official Introduction (durasi 2:36)

8. Emirates: #HelloJetman (durasi 1:40)

9. K-FOOD Mini Drama: “Lunch Box” Episode 1 (durasi 8:26)

10.Traveloka: Kisah Tentang Bejo (durasi 3:38.)

Sumber

Translate »