Saran Ahli untuk Anda yang Memilih Bekerja dari Rumah

Saran Ahli untuk Anda yang Memilih Bekerja dari Rumah

Feedback yang positif dan kritik yang membangun adalah kunci sukses di tempat kerja. Yup, siapa, sih, yang mau didiskriminasi dan diremehkan oleh orang lain , apalagi dalam hal pekerjaan yang menuntut profesionalitas kita dalam menekuni bidang kerja kita. Seperti hal remeh lainnya, diremehkan juga membuat orang yang diremehkan merasa terbuang dan tidak berarti, serta tidak becus mengerjakan yang menjadi kewajibannya. Bayangkan, apa nggak merendahkan self worth banget, tuh?

Nah, kalau Anda mengalami lima hal berikut ini di tempat kerja, jangan diam saja; karena bisa jadi rekan Anda di kantor memang berniat meremehkan Anda!

1. Tidak menganggap serius opini Anda

Sedang meeting atau sekadar diskusi, atasan atau rekan kerja Anda yang meremehkan tidak akan menganggap serius opini Anda, bahkan menertawakannya. Sikap ini biasanya ditunjukkan dengan bahasa tubuh yang tidak acuh, atau menatap Anda ketika berbicara tetapi tatapannya jelas-jelas menolak apapun yang sedang Anda katakan padanya.

2. Mempertanyakan keputusan-keputusan Anda

Melanjutkan poin sebelumnya, orang yang meremehkan diri Anda juga akan selalu mempertanyakan keputusan-keputusan Anda. Misalnya dengan bertanya, "Kenapa, sih, ribet banget begitu? Kenapa nggak begini saja?", atau bisa juga ia mengatakan secara implisit (maupun eksplisit) bahwa cara dan rencana Anda nggak akan berhasil.

3. Bolak-balik merevisi pekerjaan Anda

Nggak masalah kalau pekerjaan Anda memerlukan penyuntingan sebelum diserahkan ke level yang lebih atas. Namun, kalau atasan atau kolega Anda di kantor bolak-balik merevisi seperti klien, bisa jadi dia tidak percaya pada kemampuan Anda. Tenang saja, sebab masalahnya bukan pada diri Anda, melainkan pada kemampuan seseorang tersebut untuk menjadi pemimpin yang baik; yang seharusnya bisa mengarahkan berdasarkan potensi Anda, bukan kemauannya belaka.

4. Kerap mengoreksi dan menegur Anda di depan umum

Yang satu ini mirip dengan poin sebelumnya, tetapi pada praktiknya lebih sering dan menyangkut hal yang lebih sepele. Lebih parahnya lagi, ada saja seseorang di sebuah kantor yang caranya menegur adalah melakukannya di depan banyak orang. Well, mungkin ini salah satu caranya juga ya, untuk menunjukkan siapa yang berkuasa. Namun, percayalah, orang waras manapun akan memahami posisi Anda yang nggak enak itu, kok.

5. Selalu menolak masukan dari Anda

Kerja tim memerlukan banyak kontribusi dari masing-masing anggotanya agar sama-sama bisa mencapai tujuan. Namun, seringkali Ini terjadi di banyak tempat kerja, kondisi yang ada membuat sebagian orang-orang berupaya memenangkan gagasannya dengan cara-cara tertentu. Kalau salah satu caranya adalah dengan selalu menolak usulan Anda dan mencari-cari alasan yang menghalangi Anda mengembangkan diri, apalagi sampai membuat Anda merasa nggak percaya diri, bukan nggak mungkin rekan tersebut memang nggak ingin Anda maju (sebelum dirinya) .

***

Perlakuan buruk di tempat kerja bisa bermacam-macam bentuknya, salah satunya dianggap remeh bagai 'remah-remah rempeyek' belaka seperti lima hal tadi. Kalau ini terjadi, jangan berkecil hati, ya. Ingat lagi, deh, tujuan Anda berkarier dan orang-orang baik yang masih mendukung Anda melakukan yang Anda lakukan sekarang ini!

Cover: 123 RF

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Leave a comment