3 Tips Mudah Jadi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Pengusaha Sukses

3 Tips Mudah Jadi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Pengusaha Sukses

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus seorang pengusaha saat ini bukan lagi jadi hal yang mustahil. Namun, ketika memutuskan untuk membuka bisnis rumahan atau mompreneur , sebagai seorang ibu rumah tangga, kita juga tetap perlu mengatur keuangan dengan baik. Lalu, bagaimana cara untuk mengatur keuangan dari hasil usaha untuk keperluan keluarga, sekaligus membantu suami?

Saat ditemui dalam acara talk show berjudul Mompreneur dari Danone-Aqua pada hari Selasa (23/04/2019), Yosephine P. Tyas, seorang pakar dan perencana keuangan, mengatakan, “Seorang ibu rumah tangga bisa mendukung penghasilan suami. Cara pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan keuangan keluarga dan usaha.” Menurutnya, lebih baik tabungan usaha dan keluarga harus dimasukkan ke dalam dua rekening yang berbeda.

7 Cara Jitu Atasi Stres Yang Dialami Ibu Rumah Tangga

“Dari awal, kalau sudah mau memulai usaha , sebaiknya dibuat rekening terpisah. Misalnya, masukkan modal lima juta ke dalam rekening baru itu, nanti pengeluaran dan pemasukannya juga ditaruh di sana,” lanjutnya. Tujuan dari pemisahan rekening ini adalah supaya biaya hidup dan biaya bisnis tidak tercampur menjadi satu.

Setelah itu, pastikan Anda mencatat keuangan. “Dengan adanya catatan keuangan, kita jadi tahu pengeluaran kita apa saja. Selain itu, ini juga bisa menjadi catatan pemasukan dan pengeluaran, apakah kita rugi atau tidak,” kata Yosephine. Bila kita mengetahui biaya untuk kebutuhan rumah tangga, kita jadi tidak bingung apa saja yang sudah kita gunakan.

Kiat Maudy Koesnaedi Jadi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Perempuan Karier

Terakhir, Yosephine menyarankan untuk menabung dan melakukan investasi. “Lakukan financial check up sendiri dan pastikan 10% untuk ditabung,” ujarnya. Namun, menurutnya tabungan hanya untuk jangka pendek, sedangkan untuk jangka panjang, ia menyarankan melakukan investasi. “Investasi itu bisa bermacam-macam. Contoh, yang suka emas, boleh beli perhiasan, beli logam mulia, atau suka beli properti, tanah, belilah aset-aset yang nilainya bisa naik,” tutup Pipin.

Jadi, tidak ada kata mustahil lagi bila Anda memutuskan ingin menjadi ibu rumah tangga dan pengusaha. Hal yang terpenting adalah mengontrol keuangan dari hasil usaha kita sendiri, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan, ya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Sumber image: 123RF

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Leave a comment