Kemenristekdikti Siap Kembangkan 132 Calon Startup Lewat CPPBT Boot Camp 2019

Kemenristekdikti Siap Kembangkan 132 Calon Startup Lewat CPPBT Boot Camp 2019

AKURAT.CO Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelarkegiatan Calon Perusahaan Berbasis Teknologi (CPPBT) Boot Camp 2019, Senin (8/4), di Jakarta.

Acara yang berlangsung selama 8-10 April 2019 itu diikuti sekitar 132 peserta dari 70 perguruan tinggi yang dari seluruh wilayah Indonesia.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe menjelaskan, hadirnya CPPBT Boot Camp didasari oleh kondisi rendahnya calon startup yang mampu menjadi startup atau sudah siap terjun ke dunia industri.

"Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pembekalan kepada pemenang insentif CPPBT," Jumain Appe dalam acara pembukaan CPPBT Boot Camp 2019, Senin (8/4), di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Direktor Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Kemenristekdikti, Retno Sumekar mengungkapkan sejak 2016 sampai sekarang, dari 558 calon startup hanya 59 atau sekitar 10,57 persen yang mampu naik kelas ke startup dan siap terjun ke Industri.

Dirinya menuturkan, 132 peserta Boot Camp tersebut merupakan hasil seleksi dari 800-an proposal pengajuan yang masuk Direktorat PPBT untuk dikembangkan dan diperkuat agar bisa naik kelas startup yang unggul dan siap bersaing.

"Memang kita memilih itu sangat ketat, karena kita menginginkan hasil penelitian dan inovasi itu bisa menjadi wirausaha ke depan dan pendorong ekonomi kita ke depan walaupun skalanya masih kecil, harapan kita scale up ke depan, syukur jadi industri," tutur Retno.

CPPBT tersebut, kata Retno, bergeram di delapan bidang, yakni teknologi dan informasi (TI), pangan, kesehatan, energi, transportasi, bahan baku, dandan advanced material , serta kemanan dan pertahanan.

Namun dari keseluruhan, sektor pangan, TI, kesehatan, energi, transportasi dan advanced material menjadi bidang yang mendomasi.

"Kita harus melakukan pelatihan, memberikan pembelajaran pada mentor atau pengusaha industri yang berpengalaman. Bagaimana kita menghasilkan industri yang berkelanjutan dan yang bisa meningkatkan nilai tambah," ujarnya.

CPPB Boot Camp 2019 sendiri berisi kegiatan yang meliputi seminar, workshop, dialog insprasi dan berbgai cerita sukses dari calon startup yang berhasil naik kelas ke PPBT.[]

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Leave a comment