Ingin Jadi Pengusaha Startup? Berikut Kiatnya versi Aruna Indonesia

Ingin Jadi Pengusaha Startup? Berikut Kiatnya versi Aruna Indonesia

Aruna Indonesia membagikan kiat-kiat menjadi seorang pengusaha Startup. Bisnis yang berkembang dan didukung dengan layanan digital tersebut memang tengah ramai dan diminati saat ini.

Pendiri sekaligus Direktur Umum Aruna, Utari Octavianty membagikan kisahnya sebelum akhirnya merintis usaha industri digital untuk sektor perikanan dan kelautan itu. Hal itu diceritakan Utari saat menjadi pembicara dalam acara idEAWorks Edu di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

"Saya dari tahun 2013 sudah coba macam-macam bisnis, tapi nggak pernah ada yang berhasil," ungkap Utari, Selasa (9/4/2019).

Namun kata Utari, untuk menjadi orang sukses harus pantang menyerah. Seperti yang ia dan teman-teman pendiri Aruna Indonesia lainnya. Di mana pada akhir semester saat masih menempuh pendidikan di bangku kuliah, Utari memutuskan untuk kembali merintis bisnis dengan memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitarnya.

"(Bisnis) nggak usah jauh-jauh, tapi yang paling dekat dengan industri di sekitar dan sesuai dengan kemampuan," ucapnya.

Selain itu, untuk menjadi seorang pengusaha harus memiliki mental yang kuat dan tentunya yakin dengan bisnis yang akan digeluti.

"Kalau kalian berada di titik terendah, percayalah itu titik di mana kalian bisa bangkit lagi," ucap wanita berkerudung itu.

Lebih lanjut, kunci untuk menjadi pebisnis itu adalah networking. Di mana menjaga silaturahmi merupakan hal yang wajib dilakukan.

Terakhir, yang terpenting menurut penggagas Startup Aruna Indonesia ini adalah passion. Dirinya memesankan kepada seluruh anak muda agar tak setengah-setengah melakukan sesuatu, terutama berkaitan dengan hal yang disukai.

"Kalau suka di satu bidang, jadilah yang paling baik di bidang itu," pesan Pendiri sekaligus Direktur Umum Aruna, Utari Octavianty. (*)

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Leave a comment