Saatnya Cewek Belajar Startup: Apa itu Decacorn?

Saatnya Cewek Belajar Startup: Apa itu Decacorn?

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan dengan cowok, cewek awalnya dianggap yang paling gagap teknologi. Namun, seiring dengan perkembangan bisnis teknologi terutama sektor startup sudah mulai menginjak emansipasi. Keterlibatan perempuan dalam pengembangan startup juga makin banyak bermunculan. Bagi yang sudah terlibat, pastinya bikin bangga banget. Namun, bagi yang belum kini saatnya belajar lebih dalam tentang startup yuk biar update!

Mulailah dengan mempelajari istilah dunia startup yang kini mulai banyak digunakan dalam percakapan umum. Pernah dengar tentang decacorn? Istilah ini sedang menjadi perbincangan yang cukup hangat karena munculnya decacorn pertama di Asia Tenggara. Sudah tahu siapa dia?

Decacorn adalah status yang diberikan pada startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS. Kalau kemarin sempat viral dengan istilah unicorn, decacorn ini 10 kali lipat lebih tinggi levelnya. Ada lebih dari 300 unicorn di seluruh dunia, namun kurang lebih ada 15 startup yang baru berhasil naik #LevelDecacorn.

Gebrakan mulai diperlihatkan dari startup yang berasal dari Asia Tenggara. Menurut situs Business Insider Singapore, dalam empat tahun terakhir ini ekonomi internet di Asia Tenggara mengalami lonjakan dramatis dalam penggalangan dana dengan total investasi US$24 miliar. Hebatnya, Grab menjadi perusahaan yang mencetak valuasi terbesar dan menjadi satu-satunya decacorn di Asia Tenggara.

Berawal dari layanan transportasi online GrabTaxi pada tahun 2012, Grab semakin berinovasi dan menjelma menjadi Everyday SuperApp yang kini jadi bagian gaya hidup masyarakat Asia Tenggara. Grab telah hadir di 8 negara dan 336 kota yang ada di seluruh Asia Tenggara yang setia menemani perjalananmu. Tidak hanya mengantarmu ke tempat tujuan, tapi juga memberikan jasa pengiriman makanan, dokumen atau paket barang, pembayaran, bahkan hiburan.

Grab adalah decacorn (super unicorn) yang memiliki kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien. Nggak heran kalau Grab punya nilai valuasi yang tinggi, yakni lebih dari US$ 11 miliar, yang menjadikannya startup pertama #LevelDecacorn di Asia Tenggara.

Bagi Grab, pencapaian luar biasa sebagai decacorn ini juga merupakan kontribusi dari seluruh pengguna, mitra pengemudi, hingga rekan merchant Grab yang sama-sama bergerak menuju kehidupan yang lebih baik. Congrats, Grab!

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Leave a comment