Tips Membangun Startup

Tips Membangun Startup : Mulai munculnya startup-startup lokal di Indonesia, merupakan nafas segar untuk perekonomian Indonesia. Tak heran kalau sampai Menkominfo pun mencanangkan program 1000 startup di Indonesia. Hadirnya Bukalapak, Go-Jek, Tokopedia, Kaskus, dan lain-lain yang membawa kisah sukses seolah seperti cerita dongeng. Karenanya, kisah kesuksesan mereka yang menggiurkan tersebut membawa banyak orang ingin membuat startup agar dapat mencicipi kesuksesan tersebut. Hingga kini muncul para enterpreneur muda yang mengadu nasibnya di dunia startup.
Namun layaknya sebuah dongeng, tidak semuanya memiliki akhir bahagia. Banyak pula para perintis ini yang mengalami kegagalan. Bermacam-macam penyebab dari kegagalan-kegagalan tersebut. Bisa akibat kesalahan perencanaan, tim yang lemah, konsep yang berubah-ubah, sampai dengan finansial yang tidak mencukupi. Bahkan jika dilihat para contoh sukses di atas, meski kisah mereka bagaikan dongeng namun ternyata butuh proses yang tidak mudah.
Jika Anda ingin membuat startup, ada satu hal yang harus Anda pahami. Membuat startup itu tidak mudah dan butuh proses.

Tips Membangun Startup

Startup seperti Bukalapak dan Go-Jek butuh tahunan sampai akhirnya bisa mencapai ketenaran seperti sekarang ini. Go-Jek butuh tiga tahun lebih sampai akhirnya mereka mendapatkan investasi yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka sesuai dengan konsep yang mereka bayangkan sebelumnya. Bukalapak juga butuh waktu untuk mencapai posisinya seperti sekarang ini. Bahkan bisa dibilang mereka mengandalkan perkembangan ekonomi dan pemahaman dari masyarakat terlebih dahulu untuk dapat menerima bisnis mereka.
Umumnya para penggiat startup dalam menggalang bisnisnya hanya bermodalkan dengan konsep semata. Konsep memang penting, apalagi jika sudah dapat memberikan solusi atas isu sosial dan sudah berbasiskan aplikasi. Namun, modal konsep saja tidak cukup. Orang yang menjalankan konsep tersebut adalah hal yang lebih penting lagi. Kelengkapan tim juga patut diperhatikan. Memang ada nasihat yang mengatakan “start small”, meski itu benar namun kelengkapan skill juga diperlukan. Jangan terlalu fokus ke produknya saja, namun juga penting untuk menyiapkan tim marketing di dalamnya. Karena produk bagus namun tidak jago dipasarkan maka produk tersebut tidak akan ada yang melihat. Begitu juga dengan urusan teknis, sebisa mungkin ada programmer ataupun ahli teknis untuk melakukan pengembangan seiring dengan makin besarnya bisnis Anda.
Intinya, dalam merintis startup terutama yang berbasis aplikasi itu ada tiga point penting yang harus diketahui.

aplikasi android entrepreneur startup kamikamu.co.id

Ikuti Informasi dan Artikel Startup, Entrepreneur, dan Bisnis di Playstore : http://bit.do/kitakamikamu

Pertama adalah Be Present for Discovery, selalu aktif dalam memberikan inovasi baru dalam bisnis yang Anda buat agar saat dicari di search engine akan selalu muncul nama bisnis Anda di sana. Kedua adalah Enter the Daily Use Slot, coba masuk ke aspek-aspek keseharian yang belum terjamah dan jangan sekadar menjadi follower semata. Yang terakhir adalah Engage with the Right Users, selalu coba angkat isu sosial yang berada di sekitarmu.
Oleh karena itu, janganlah cepat menyerah. Kegagalan itu adalah sesuatu yang mungkin terjadi. Bahkan para innovator ternama pun pernah mengalami kegagalan. Untuk permulaan, Anda bisa coba ikut IWIC. Karena pada IWIC kali ini ada kegiatan sosialisasi dengan roadshow ke 10 kampus, 5 komunitas developer, dan ajang developer maupun hackathon. Selain itu juga akan diadakan bootcamp untuk para finalis yang akan diberikan pembekalan dari berbagai aspek, seperti bisnis, investasi, sampai dengan rilis. Selain itu juga ada bootcamp untuk para anak dan remaja yang akan dibekali dari motivator dan psikolog.
Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest atau yang sering disebut dengan IWIC, kini memasuki tahun ke-10. Kompetisi tahunan ini resmi dimulai pada hari Kartini tanggal 21 April 2016 lalu. IWIC itu sendiri adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang diselenggarakan Indosat Ooredoo. Kompetisi yang telah diselenggarakan secara tahunan dari tahun 2006 ini adalah bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar INOVASI.
Yang membedakan IWIC ke-10 ini dengan IWIC sebelumnya adalah diterimanya pendaftaran peserta dari luar negeri, karena sesuai dengan tema go global “Change The World”. Kemudian juga akan diadakan Pesta Digital Anak Indonesia, di mana berupa ajang hackathon atau pembuatan aplikasi dalam waktu tertentu bagi peserta anak dan remaja. Kemudian juga ada Developer Challenges yang akan menantang para developer dengan tantangan khusus. Serta berbagai macam seminar dan talkshow bagi para developer.

Leave a comment