Berkaca dari Bermain Game: 4 Cara Supaya Kamu Bisa Lebih Sukses

Berkaca dari Bermain Game: 4 Cara Supaya Kamu Bisa Lebih Sukses

Siapa bilang bermain game tidak memberikan faedah apapun?

Catatan Editor: Serial Expert ini ditulis oleh Louis Chew, editor di The Beta Mode. Artikel ini terbit dengan izin personal dari Louis Chew. Kamu bisa baca versi aslinya di sini.

Jika kamu adalah seorang gamers yang handal, maka kamu pasti menghabiskan banyak waktumu disana. Sayangnya, walaupun bermain game banyak memberikan kebahagiaan, kamu harus meninggalkan rutinitas tersebut demi melakukan kegiatan yang lebih produktif seiring kamu dewasa. Kamu mulai menghadapi kenyataan, pola berpikirmu pun pelan-pelan menjadi lebih praktis. Lambat laun kamu akan berpikir bahwa orang-orang yang masih saja menghabiskan seluruh waktunya untuk bermain game adalah kekanak-kanakan.

Padahal, hidup tidak selalu berjalan serius sampai harus mengorbankan hal-hal yang sebenarnya membahagiakannmu. Kamu bahkan bisa belajar cara mengelola hidupmu supaya lebih baik dengan berkaca pada bagaimana kamu bermain game. Oleh sebab itu, berikut 4 cara "mempermainkan" hidup yang akan membuat kamu bisa lebih sukses:

Photo credit: Sergey Galyonkin (flickr.com)

1.

Tidak terpengaruh dengan kegagalan

Seiring bertambahnya usia, seseorang biasanya mulai takut mengalami kegagalan akan setiap hal yang dikerjakannya. Mereka tidak berani membuat keputusan beresiko, atau selalu ragu-ragu dalam mengeksplorasi sesuatu yang baru. Jika tidak segera diatasi, rasa takut gagal tersebut lambat laun akan melumpuhkan mereka.

Sementara itu, saat kamu kalah dalam sebuah permainan yang kamu mainkan, pernahkah kamu berpikir bahwa itu adalah akhir dari hidupmu? Bukankah kegagalan saat bermain game justru melipatgandakan semua kecerdikan yang kamu punya demi tidak jatuh ke dalam lubang yang sama?

Zig ziglar pernah berkata, "Failure is a detour, not a dead-end street" (kegagalan adalah jalan memutar, bukan jalan buntu). Kegagalan seharusnya membuat seseorang semakin berani menghadapi rintangan dan percaya bahwa mereka selalu memiliki harapan untuk sukses.

1.

Menetapkan misi

Dalam sebuah game bergaya petualangan, narasi game akan muncul dan menceritakan terlebih dahulu seperti apa situasi game tersebut, apa yang harus kamu cari, apa yang tidak boleh kamu lakukan, hingga bagaimana cara memainkan game tersebut. Bahkan, ketika kamu sepertinya sudah tidak tahu lagi harus kemana, mereka akan memberi petunjuk yang akan menuntunmu ke langkah selanjutnya.

Demikian pula kita, seorang protagonis dalam permainan kehidupan. Sama seperti game bergaya petualangan, setiap orang dilahirkan dengan membawa misi unik yang harus mereka selesaikan. Oleh sebab itu, kamu terlebih dahulu harus menemukan apa misi kehidupanmu untuk mengetahui bagaimana cara "memainkan hidupmu".

1.

Hadiahi dirimu sendiri

Sama seperti game yang selalu memberikan sebuah hadiah ketika kamu telah menyelesaikan satu level dalam keseluruhan misi, maka lakukan hal tersebut dalam kehidupan nyatamu. Cara tersebut tidak hanya berhasil membuat game tersebut menjadi semakin menarik, namun juga memberikan motivasi kepada para pemain untuk terus melanjutkan misi berikutnya.

Rasa bahagia yang kamu alami setelah menerima sebuah hadiah menaikkan hormon dopamin, sebuah kimiawi organik yang berpengaruh pada rasa menyenangkan dari jatuh cinta, gembira, motivasi dan rasa percaya diri. Dikutip dari Alodokter, perilaku orang dengan sistem dopamin yang aktif akan lebih positif dan bersemangat dalam mewujudkan cita-cita dalam berbagai sisi kehidupan.

1.

Mendorong diri sendiri sampai batas maksimal

Game yang dirancang dengan baik akan memiliki skenario yang lebih menantang dalam setiap levelnya. Hal tersebut secara tidak langsung akan menuntut pemain untuk terus meningkatkan kemampuan menyusun strategi dan lebih terampil dalam bermain. Kamu dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan situasi baru dengan cepat.

Hal yang sama terjadi dalam kehidupan. Menempatkan diri di luar zona nyaman adalah hal yang sulit untuk dilakukan, namun ini adalah cara terbaik yang bisa digunakan dalam pertumbuhan karakter. Cara ini juga mengajarkanmu untuk learn quickly by doing.

Menjalani kehidupan memang tidak semudah bermain game (walaupun sebenarnya tidak semua game itu mudah). Namun jika kamu bisa membuat strategi optimal untuk menyelesaikan semua misi dalam permainan yang kamu mulai, maka kamu juga bisa membuat strategi optimal yang lebih maksimal untuk menyukseskan hidupmu.

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

Yovita Omega

Pernah berkarya di Pikiran Rakyat, kini Yovita aktif di digital agency di Jakarta.

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Translate »