Tips Digital Marketing Bagi Pemula, Agar Bisnis dapat Bersaing

Tips Digital Marketing Bagi Pemula, Agar Bisnis dapat Bersaing

Pemerintah menargetkan 30 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat terhubung ke ekosistem digital pada 2024 mendatang.

Guna mendukung hal itu, tentu diperlukan lompatan strategi untuk memenuhi target tersebut. Salah satunya melalui sektor bisnis digital marketing.

Bagi pengusaha pemula dan UMKM, mempelajari serta menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran dapat memperbesar peluang untuk bersaing dengan kompetitior atau bahkan perusahaan yang lebih besar.

Untuk itu, Glen Karela Purwanto, Founder Marketing Enthusiast Community (MEC) membagikan beberapa tips digital marketing bagi para pemula.

Pertama yakni harus melek digital dan aktif dalam teknologi. Karena menurutnya, setiap hari platform digital baru selalu hadir.

“Kita harus selalu update, supaya kita bisa mengikuti arus dan tidak ketinggalan,” kata Glen dalam webinar Digital Campaign & Influence.

Selain kita melek digital, Glen menuturkan, kita juga harus belajar mengenai marketing untuk. Seperti mengetahui segmentasi kita siapa, target pasar kita siapa, berapa besar market size dari pasar kita, serta produk atau jasa yang kita jual ini seperti apa dan apa diferensiasi barang kita dengan barang kompetitor.

Glen juga mengungkapkan, jika kita harus update terhadap market outlook trend digital.

“Apa yang dimau oleh konsumen, perilaku konsumen seperti apa. Kita harus tau. Karena kalau kita tidak bisa melek, kondisi trend outlook pasar industri yang akan kita masuki, itu agak berat. Jadi kita harus tau trendnya ini seperti apa,” ungkapnya.

Tak lupa Glen juga menyarakan bagi para UMKM untuk membangun jaringan baik dengan komuniyas atau asosiasi.

“Karena dunia digital ini adalah dunia yanh serba terhubung apapun platformnya. Menurut saya harus tetap join sama banyak komunitas. Apapun itu komunitasnya. Misal asosiasi pedagang, atau pengusaha. Karena networking itu penting untuk update informasi di sana,” pungkasnya.

Lewat ke baris perkakas