8 Tips Sukses Bangun Startup Sendiri

8 Tips Sukses Bangun Startup Sendiri

Banyak anak muda saat ini berambisi untuk memiliki bisnis sendiri. Salah satu yang paling didambakan adalah bisnis startup. Meskipun tidak ada cara yang mudah, Anda yang ingin coba punya bisnis startup sendiri bisa mencari cara praktis untuk mewujudkannya. Di samping itu, bagaimana pun caranya, sebuah startup sebetulnya juga tidak akan berdiri jika Anda tak segera memulai dan mencari peluang. Oleh karena itu, segera rencanakan sesuatu dan eksekusi hingga bisnis startup tersebut mampu meluncur dan berkembang hingga sukses.

Bila masih ada yang bingung, tetapi ingin mencoba, 8 tips ini mungkin bisa membantu. Melansir laman Enterpreneur, simak 8 trik sukses luncurkan bisnis startup hingga berhasil.

1. Menentukan ide

Dalam menentukan ide startup, Anda bisa memulainya sesuai dengan apa yang Anda suka. Berawal dari apa yang Anda suka kemudian bisa melakoninya dengan senang hati. Ini pun salah satu cara membangun bisnis startup yang sukses.

2. Lakukan riset

Setelah menentukan ide, sebelum memulai, Anda tentu harus melakukan riset. Dalam hal ini pastikan bahwa ada peluang di pasar untuk produk atau layanan yang akan Anda jual.

3. Susun rencana

Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya adalah mulai menyusun rencana. Anda menyusun strategi pertumbuhan perusahaan yang mencakup segala hal. Mulai menentukan tujuan hingga mengembangkan strategi startup. Hal-hal terpenting yang harus Anda rencanakan kurang lebih antara lain.

  • Visi jangan panjang dan tujuan awal
  • Strategi
  • Perekrutan karyawan
  • Menentukan anggaran
  • Memperkirakan kerangka waktu
  • Membuat rencana marketing
  • Meninjau kinerja startup

4. Siapkan kontak untuk peluncuran

Bukan hanya menjual, sebuah bisnis apalagi startup juga penting untuk membangun hubungan atau relasi. Oleh karena itu, ketika peluncuran, jangan lupa untuk mengumpulkan terlebih dulu daftar email perusahaan atau orang tertentu yang mungkin akan diundang dalam acara peluncuran tersebut. Selain itu, juga kabarkan kepada mereka setiaknya 10 hari sebelum hari H peluncuran.

5. Menentukan struktur bisnis

Selanjutnya Anda juga perlu memutuskan struktur bisnis yang sesuai. Entah itu dalam hal perpajakan atau pun kewajiban perusahaan. Pada dasarnya ada tiga dasar struktur bisnis, yaitu kepemilikan tunggal, kemitraan, dan korporasi.

6. Luncurkan produk yang unik dan menarik

Berkecimpung di dunia startup sebaiknya Anda memiliki produk yang Minimum Viabel Product (MVP). Itu berarti produk tersebut harus menarik perhatian konsumen serta memiliki keunikan tersendiri.

Sementara itu, cara ini juga termasuk langkah yang baik untuk mendapatkan validasi produk meskipun membutuhkan waktu dan biaya yang lebih.

Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari cara ini, bangunlah produk dengan tiga komponen utama, yaitu dari segi kegunaan, skalabilitas, dan fungsi. Setelah Anda punya ketiga komponen tersebut, produk yang dijual akan lebih kuat dan menarik perhatian konsumen.

7. Mengembangkan strategi pemasaran

Bila sudah memiliki produk yang unggul, langkah selanjutnya adalah merencanakan strategi pemasaran. Anda membutuhkan strategi pemasaran yang komprehensif untuk membantu membawa startup ke puncak kesuksesan.

8. Membangun relasi

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam membangun startup adalah Anda juga perlu memiliki hubungan yang baik dengan relasi. Memperluas jangkauan dan membangun relasi merupakan salah satu upaya untuk memasarkan produk. Selain itu, juga membantu membangun pondasi bisnis startup supaya kokoh berkelanjutan.

Translate »
Skip to toolbar