6 Saluran Penghasilan Blogger Yang Perlu Kamu Tahu

If you want to share and earn points please login first

6 Saluran Penghasilan Blogger Yang Perlu Kamu Tahu

Blogging pada mulanya hanya identik sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis lewat platform gratis semacam blogspot atau wordpress. Seiring perjalanan waktu, blogging atau bisa dibilang menjadi blogger ternyata dapat menghasilkan uang.

Beberapa tahun lalu, dunia blogger bahkan sempat booming meski akhirnya kini agak surut lantaran banyak yang kemudian beralih menjadi Youtuber atau Selegbram yang dianggap lebih menjanjikan dari sisi iming-iming penghasilan.

Hingga saat ini mungkin sudah ada jutaan orang terus mencari cara mendapatkan uang dari blog. Seperti halnya kehidupan, seleksi alam pun berlaku di sini. Tak semua sukses, ada yang berhasil ada yang gagal.

Apalagi hasil dari blogging tidak instan karena butuh kesabaran tinggi. Para blogger yang sukses adalah yang memang benar-benar gemar dengan dunia ini, bukan hanya karena terpancing dengan uang.

Seorang blogger tidak mungkin bisa langsung mendapatkan penghasilan di hari pertama. Tak ada yang instan. Bahkan mungkin setelah berjalan enam bulan hingga setahun dengan blogging secara konsisten barulah penghasilan yang lumayan bisa diperoleh.

Dalam rentang waktu berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun, seorang blogger kudu konsisten menulis, memperkaya konten, dan mengembangkan blog tanpa dibayar sepeser pun. Bayangkan, tak mudah memang untuk menghasilkan uang dari blog.

Meskipun butuh waktu, tak perlu berkecil hati. Monetisasi blog masih bisa dilakukan. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog. Berikut cara mendapatkan uang dari blog yang paling realistis menurut tim Cari Cuan.

1. Penghasilan dari Google AdSense

Google Adsense adalah layanan periklanan yang ditujukan agar pemilik blog maupun website bisa membuka atau menyediakan space iklan di website atau blog miliknya.

Agar bisa memasang layanan Adsense di blog sebetulnya bukan hal yang sulit. Pertama, dengan mendaftarkan ke Google Adsense. Jika akun diterima dan sudah aktif, blogger bisa mulai memasang iklan adsense di blognya.

Google Adsense menggunakan algoritma komplek untuk melakukan analisa pada konten blog. Hal ini memastikan iklan yang tampil sesuai dengan blog itu. Sebagai contoh, jika memiliki blog tentang tanaman, adsense akan menampilkan iklan berupa promosi yang berhubungan dengan tanaman. Bayaran setiap kliknya bervariasi mulai 0,1 dolar sampai 5 dolar AS tergantung negara, kompetitor antaradvertiser, dan artikel yang dibahas.

2. Penghasilan dari Endorsement atau Sponsored Content

Seorang blogger dengan mempromosikan produk maupun layanan tertentu di blognya. Bisa dengan me-review produk tersebut, unboxing, ataupun hanya deskripsi produk. Konten promosi ini dapat berbaur dengan konten di blog itu sendiri sehingga tidak terlihat seperti iklan.

Tawaran biasanya datang dari para pemilik bisnis karena melihat potensi blog yang bagus. Keuntungan bagi blogger bisa beragam, dari uang tunai hingga produk gratis, tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan. Karena itu, jangan lupa mencantumkan alamat, email, atau nomor kontak agar memudahkan perusahaan yang sewaktu-waktu berniat menghubungi untuk kerja sama.

3. Penghasilan dari Afiliasi

Melalui program ini seorang blogger akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link atau banner afiliasi.

Jumlah komisi yang didapatkan berbeda-beda tiap perusahaan. Ada yang memberikan komisi 25 persen, 50 persen, hingga 70 persen, tergantung kesepakatan di awal kerja sama.

4. Penghasilan dari Jualan Backlink

Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman blog yang mengarah ke blog, website, atau situs lain. Blogger bisa menawarkan pemasangan backlinknya bagi yang membutuhkan dengan imbalan tertentu sesuai kesepakatan. Atau bisa pula menawarkan backlink ke situs agen atau marketplace backlink tentu saja dengan tarif sesuai penawaran dari marketplace atau agen tersebut.

5. Penghasilan dari Menawarkan Jasa

Melalui blog, seorang blogger juga bisa menawarkan jasa ke para pengunjung blog, seperti jasa pembuatan website, desain grafis, pembuatan artikel. Selain itu masih banyak jasa lainnya yang bisa bisa tawarkan sesuai keahlian yang dimiliki.

6. Penghasilan dari Jualan Produk

Seorang blogger juga dapat menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui blog, bisa berupa produk digital atau produk fisik.

Jika memiliki keahlian menulis tutorial, blogger bisa membuat ebook untuk dijual. Selain menjual ebook, untuk blogger yang memiliki keahlian pemrograman, bisa memulainya dengan menawarkan aplikasi yang dibuat untuk dijual. Sedangkan untuk produk fisik, bisa menjual berbagai macam barang. Misalnya yang memiliki keahlian memasak, bisa membuat produk makanan ringan dan dijual melalui blog.

If you want to share and earn points please login first
Translate »
Skip to toolbar