6 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan secara Online

6 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan secara Online

Bekerja itu tidak selalu harus masuk kantor pukul 9 pagi lalu pulang pukul 6 sore. Ada juga beberapa jenis pekerjaan yang fleksibel dan bisa dikerjakan dimanapun kamu berada. Ini 6 diantaranya!

Jika pada zaman dahulu seseorang harus datang ke kantor untuk mendapatkan uang, kini setelah era modernisasi bekerja dari rumah bukanlah hal yang mustahil. Seiring dengan era modernisasi dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, khususnya dengan kehadiran internet, ada beberapa pekerjaan yang bisa diselesaikan hanya dari tempat tidurmu saja atau bisa dilakukan secara online.

Dengan modal internet dan laptop kamu pun sudah bisa memperoleh uang tanpa harus mengeluarkan ongkos dan bermacet-macetan di jalan. Lalu, jenis kerja online apa saja yang bisa kamu pilih? Berikut penjelasannya Sobat Studentpreneur.

Content Writer

Pekerjaan satu ini sedang banyak dibutuhkan oleh para perusahaan khususnya yang berkaitan dengan dunia teknologi, yakni menjadi seorang content writer atau penulis konten. Nah, khusus kamu yang memiliki hobi menulis dan bersedia bekerja dari rumah, kamu bisa memilih pekerjaan menjadi penulis konten di banyak media online yang sudah tersedia saat ini.

Sebagai seorang penulis konten, kamu setidaknya bisa mendapatkan uang sekitar 2 juta dalam satu bulan. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan uang lebih dari jumlah tersebut dengan jam terbangmu sebagai penulis sudah tinggi. Jumlah ini pun akan terus bertambah jika kamu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan tulisan dalam bahasa asing.

Translator

Hampir mirip dengan pekerjaan sebagai penulis, jika kamu memiliki minat dan kemampuan berbahasa asing yang cukup baik kamu juga bisa memilih untuk menjadi seorang translator. Pekerjaan seorang translator belakangan ini memang sedang banyak dibutuhkan terutama untuk Bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa asing lainnya.

Biasanya kerja sampingan online sebagai translator akan diberi tugas untuk menerjemahkan ragam karya tulis, mulai dari artikel, hasil penelitian, dan bahkan menerjemahkan dialog bahasa asing dalam film. Bayaran dari pekerjaan ini pun tidak sedikit, karena pembayaran tersebut akan dihitung berdasarkan jumlah kata, halaman, ataupun per proyek yang ditugaskan ke kamu. Tidak heran kamu pun bisa mengantongi uang berjumlah jutaan rupiah dalam satu bulan.

Web Designer

Web designer menjadi salah satu jenis kerja online yang menawarkan pembiayaan yang tinggi dibanding dengan kerja sampingan online lainnya. Bagaimana tidak? Kamu harus memiliki keahlian coding yang rumit untuk bisa diterima ke dalam pekerjaan ini. Memang tidak semua orang memiliki keahlian coding, tapi kalau pun kamu tertarik dan mau belajar mengenai dasar-dasar koding, kamu tentu bisa memilih pekerjaan online satu ini. Kamu bisa mengawali pembelajaranmu dari platform WordPress untuk belajar bagaimana menjadi seorang web designer.

Saat ini kamu tidak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan job dalam bidang ini, karena semua perusahaan tentu membutuhkan seseorang yang merancang webnya bahkan tidak sedikit juga individu yang ingin membuat web-nya sendiri.

Designer

Photo credit: Negative Space (pexels.com)

Menjadi designer juga termasuk ke dalam satu jenis pekerjaan yang harus dikerjakan di dalam kantor. Mengingat belakangan ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan bantuan seorang designer lepas ketika sedang menghadapi banyak deadline. Syarat agar bisa menjadi seorang designer harus memiliki skill untuk mengedit foto menggunakan photo shop, corel draw, dan juga indesign pun sudah cukup.

Biasanya para designer ini akan dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek pembuatan brosur, pamflet, poster, dan lain sebagainya. Tidak sedikit pula dari para perancang lepas ini akhirnya ditarik ke dalam perusahaannya karena sudah sering membantu menyelesaikan proyek perusahaan tersebut.

Survei

Khusus bagi kamu yang sering memiliki waktu luang menghabiskan waktu tersebut dengan surfing di dunia maya, kamu juga bisa memilih pekerjaan survei online sebagai kerja sampingan online-mu. Dalam pekerjaan ini tidak dibutuhkan keterampilan khusus, kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi beberapa penyataan saja untuk mendapatkan uang melalui internet.

Kamu boleh saja meremehkan kemudahan pekerjaan ini, tetapi jangan meremehkan penghasilan yang didapat. Hanya melalui pekerjaan survei online ini saja kamu sudah bisa mendapatkan uang jutaan rupiah bahkan hanya dalam satu hari. Tertarik?

Data Entry

Mirip-mirip dengan kerja online sebagai seorang pengisi survey, kamu juga tidak perlu membutuhkan banyak kemampuan untuk bisa bekerja dalam bidang ini. Kamu hanya membutuhkan computer standard, sedikit ketelitian, dan juga kerja keras untuk menjadi seorang data entry online.

Tugas dari pekerjaan ini kamu hanya perlu memasukan data ke dalam kolom-kolom Microsoft excel atau google spreadsheet yang sudah diberikan oleh suatu perusahaan atau seorang yang memberikan pekerjaan tersebut padamu. Kamu juga tidak perlu memiliki gelar atau latar belakang pendidikan yang tinggi dan tidak ada batasan umur dalam pekerjaan ini. Pendapatan yang akan didapat juga lumayan, kamu setidaknya bisa mengantongi uang sebesar 2 juta rupiah dalam waktu satu bulan.

Nah Sobat Studentpreneur, itulah beberapa jenis kerja online yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan pilihan. Dari daftar kerja sampingan online di atas, mana yang paling menarik menurutmu?

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Translate »