6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Kalau kamu masih bilang "susah dapat uang" di era teknologi internet seperti ini, maka sebenarnya kamu hanya sedang mengabaikan kesempatan. Oleh sebab itu, ini enam cara yang sebaiknya segera kamu coba!

Thanks to technology and internet, kini melakukan bisnis sampingan jadi jauh lebih mudah. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, bahkan untuk bisnis online pemula sekali pun. Jika bingung harus mulai dari mana, kamu bisa menyimak beberapa usulan berikut ini. Namun, ingat, sama seperti bisnis lainnya, bisnis online juga membutuhkan ketekunan hingga kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diinginkan. Tidak ada jalan instan menuju kesuksesan, Sobat Studentpreneur!

Jual Hasil Foto

Cara mendapatkan uang dari internet satu ini ditujukan bagi kamu yang memiliki minat tinggi dalam bidang fotografi. Jika kamu sudah cukup lama berkecimpung di dunia fotografi dan memiliki cukup banyak portofolio, kamu bisa menjual beberapa hasil jepretan kamu ke situs-situs seperti Shutterstock dan iStockPhoto, dua dari situs penyedia foto terbesar di ranah online. Foto-foto yang ada dalam situs-situs seperti itu biasanya disebut dengan stock photography. Cara satu ini mungkin cukup kompetitif mengingat ada banyak fotografer lain yang pasti juga menjual hasil jepretannya. Namun, cara ini dapat menjadi sumber baik untuk pemasukan pasif.

Sewakan Rumah Kamu di Airbnb

Apakah kamu mempunyai rumah yang tak ditinggali, Sobat Studentpreneur? Daripada kosong terus-terusan, sebaiknya kamu menyewakannya di Airbnb, situs penyedia penginapan untuk kamu yang sedang traveling. Tak harus rumah, kamu bahkan bisa menyewakan satu ruang kamar yang ada di rumah kamu. Bisnis online pemula ini cukup menguntungkan, terutama jika kamu tinggal di kota yang kerap menjadi destinasi traveling seperti Bali.

Untuk menentukan harga sewa, kamu bisa mengecek listing di Airbnb dan cari tahu berapa rate yang dipatok untuk tempat seperti punyamu. Pada awalnya, kamu mungkin akan kesusahan mendapatkan peminat karena tidak ada review dari orang lain. Namun, selama kamu bisa menjamu tamu dengan baik, mereka pasti akan memberikan review positif untuk kamu.

Mendirikan Toko Online

Mungkin inilah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Sudah tak terhitung berapa banyak jumlah toko online yang ada di Instagram. Belum lagi berbagai website yang berdiri sendiri. Selain membuat akun Instagram dan website, ada alternatif lain yang bisa kamu tempuh untuk mendirikan toko online, yakni menggunakan platform seperti Shopify. Melalui Shopify, kamu bisa punya toko online menyerupai website hanya dengan membuat akun di sana. Sebagai alternatif lain, jika kamu punya atau suka membuat produk-produk seni, kamu bisa menjualnya di situs seperti Etsy.

Blogging

Dibandingkan cara mendapatkan uang dari internet yang lain, blogging sepertinya yang paling banyak membutuhkan ketekunan dan konsistensi. Cara ini cocok bagi kamu yang hobi menulis dan memiliki perhatian jeli pada hal-hal detail. Semakin banyak jumlah audiens yang kamu miliki, baik dari segi pembaca maupun subscriber, maka akan semakin baik.

Nah, membangun audiens inilah yang memerlukan waktu tidak sebentar. Semua tergantung pada usaha kamu sendiri, Sobat Studentpreneur. Rutinlah mem-posting tulisan yang memang menjadi keahlian. Jika audiens sudah mulai meningkat, kamu bisa mulai memasang iklan pada blog kamu atau menjual produk buatamu sendiri, seperti e-book atau software komputer.

Mengisi Survey Berbayar

Jika memiliki banyak waktu luang, kamu bisa mengisinya dengan mengisi survey berbayar. Untuk cara satu ini, kamu memang harus lebih berhati-hati karena terkadang ada survey yang justru akan menjerumuskanmu pada penipuan. Namun, mengisi survey berbayar dapat menjadi salah satu cara paling cepat untuk mendapatkan uang dari internet. Apabila kamu tertarik untuk melakukan cara ini, beberapa situs survey berbayar yang bisa kamu kunjungi adalah id.ipanelonline.com, clixsense.com, id.viewfruit.com, dan poin-web.co.id.

Melelang Barang di eBay

EBay merupakan salah satu online marketplace yang beredar paling lama di internet, tepatnya sejak tahun 1995. Sebetulnya, kamu bisa menjual barang secara biasa di eBay, tanpa perlu melelangnya. Namun, melelang barang dapat menjadi cara mendapatkan uang di internet secara lebih menguntungkan. Tantangan terberatnya adalah membuat orang-orang tertarik untuk mengikuti pelelangan yang kamu adakan.

Sama seperti jenis bisnis yang lain, kamu juga harus melakukan riset terlebih dulu sebelum melelang barang di eBay. Misalnya, kamu hendak melelang salah satu koleksi merchandise band original yang sudah tidak beredar lagi di pasaran. Nah, sebelum melelangnya, sebaiknya kamu cek dulu seller yang pernah mengadakan lelang barang serupa dengan sukses. Lalu, catat berapa harga awal yang dipatok pelelang sebelum akhirnya diserahkan ke penawar harga tertinggi.

Photo credit: NOGRAN s.r.o. (flickr.com)

Dari keenam cara di atas atas, mana kira-kira yang akan kamu pilih untuk dijadikan sumber pendapatan dari internet? Apa pun yang kamu pilih, ingatlah bahwa cara-cara tersebut tetap membutuhkan ketekunan dan konsistensi dari kamu. Semoga beruntung ya, Sobat Studentpreneur!

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

Biru Cahya Imanda

Biru Cahya Imanda bekerja sebagai Head of Surabaya di Penulis.ID, sebuah perusahaan digital content agency ternama.

LIHAT ARTIKEL ASLIBaca di App KurioBACA SELENGKAPNYABaca di App Kurio

Translate »