5 Tips LinkedIn untuk Kemajuan Karir

If you want to share and earn points please login first

5 Tips LinkedIn untuk Kemajuan Karir

Bagi para pencari kerja mungkin sudah cukup familiar dengan akun LinkedIn. LinkedIn merupakan media sosial yang dirancang khusus untuk kepentingan bisnis dan karir profesional. Platform tersebut cocok digunakan bagi Anda yang sedang mencari kerja karena isinya kebanyakan recruiter yang butuh tenaga kerja.

LinkedIn ini juga memungkinkan untuk jadi CV digital. LinkedIn bisa jadi tempat untuk menaruh semua pengalaman dan pencapaian, bisa juga digunakan untuk membangun networking. Oleh karena itu, profil LinkedIn Anda sebaiknya dibuat serapi, dan sebaik mungkin. Berikut ini tips-tips agar akun LinkedIn Anda dilirik perusahaan.

Pasang Foto yang Profesional

LinkedIn memang media sosial, tapi berbeda dengan sosial media lain seperti TikTok, ataupun Instagram. Oleh karena itu, jangan pasang foto Anda dengan pose yang kurang formal, atau bahkan pose bebas. Meski tidak harus selalu foto formal layaknya foto KTP, namun harus kelihatan profesional sehingga bisa menggambarkan siapa diri Anda.

Pilih Kata Kunci

Recruiter di LinkedIn biasanya akan mencari calon pegawai menggunakan kata kunci atau keyword yang sesuai sama perusahaan. Oleh karena itu, Anda mesti pilih kata kunci yang sesuai dengan keahlian, agar bisa muncul di pencarian.

Isi Pengalaman Kerja

Profil LinkedIn Anda jangan biarkan kosong. Isi bagian experiences dengan pengalaman kerja Anda selama ini. Lalu, jelaskan juga deskripsi pekerjaan, tugas, serta tanggung jawab secara rinci.

Tulis Summary

Pada bagian kolom Summary memang suka terlewat. Padahal bagian ini penting dan bisa Anda tonjolkan. Anda bisa tulis hard skill, soft skill, hal unik, motivasi, atau minat. Ringkasan singkat tentang diri Anda ini bisa akan membuat profil dilirik perusahaan.

Meminta rekomendasi dari rekan profesional

Dari beberapa tips itu, agar lebih kredibel, jangan lupa untuk minta rekomendasi dari orang-orang yang pernah kerja bersamamu. Bisa dari atasan, rekan kerja, atau kolega. Rekomendasi ini ibarat approval atas keahlian yang Anda punya. Sehingga profil Anda makin dilirik. Namun, sebelum itu pastikan dulu saat ini Anda sudah memiliki akun LinkedIn. Jika belum, sebaiknya segera membuat agar lekas dapat panggilan kerja.

If you want to share and earn points please login first
Translate »
Skip to toolbar