5 Rekomendasi Tools Backlink Checker Terbaik

5 Rekomendasi Tools Backlink Checker Terbaik

Salah satu aspek terpenting dari sebuah website adalah Backlink. Backlink memiliki peran yang penting dalam website karena dengan backlink website bisa berada di posisi paling atas mesin pencari seperti Google dan mesin pencari lainnya. Dan backlink ini rupanya juga bisa dicek dengan Tools Backlink Checker.

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah Exabytes Friends tahu apa itu backlink? Dan mengapa backlink harus ada di setiap website? Dan pertanyaan lainnya pun muncul seperti apakah backlink harus kita cek setiap waktu atau bagaimana?

Dalam mempelajari dan juga memahami tentang SEO, backlink merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan ranking di mesin pencarian dalam SEO bahkan bisa dibilang backlink memang tidak gampang. Karena ada saja aturan mesin pencari seperti Google yang membatasi setiap pergerakan website yang dinilai oleh mesin pencari tersebut dapat merugikan website lainnya.

Salah satunya adalah dengan adanya pembaharuan yang cepat dari algoritma Google, sehingga membuat plotnya dapat menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink yang diambil dari spam yang tidak relevan.

Agar bisa semakin mengenal tentang backlink dan juga beragam tools untuk cek backlink berkualitas, pada artikel ini akan secara khusus merangkum mengenai apa itu backlink, kenapa backlink penting, kenapa backlink harus di cek dan tools apa saja yang bisa digunakan untuk cek backlink.

Penasaran seperti apa pembahasannya ? Simak saja bersama-sama pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Backlink ?

Backlink merupakan link tautan yang diarahkan ke website (Sumber: Pixabay)

Backlink bisa disebut adalah sebuah link/tautan yang diarahkan ke website kita. Backlink biasanya dimanfaatkan sebagai rujukan agar bisa memudahkan pengguna maupun hanya untuk sekedar optimasi agar website kita menjadi lebih populer di mata mesin pencari seperti Google.

Dari segi jenisnya backlink sendiri dibedakan menjadi dua jenis diantaranya adalah backlink dofollow dan backlink nofollow. Keduanya ini adalah jenis backlink yang tidak berbeda secara kasat mata.

Akan tetapi, untuk jenis backlink dofollow akan lebih banyak disukai karena memiliki value yang lebih tinggi di mata mesin pencari seperti Google. Sementara untuk jenis backlink nofollow yang relatif kurang diminati dikarenakan tidak memberikan efek maksimal untuk sebuah website.

Namun, sekarang ini kebutuhan akan backlink semakin berkembang dengan sangat pesat seiring mulai marak kampanye berbasiskan SEO sebagai salah satu strategi digital marketing, sehingga dapat menarik calon pembeli dengan mudah.

Lalu, seberapa penting backlink bagi sebuah website ?

Mengapa Backlink Penting untuk Website?

Di bagian paragraf atas sudah sedikit dijelaskan manfaat backlink untuk sebuah website, namun belum detail pembahasannya. Disini kamu akan mendapatkan pembahasan lebih detail.

Backlink sangat penting untuk website agar mudah dikenali mesin pencari dan mudah ditemukan oleh para pengguna mesin pencari. Dari sudut pandang pengguna, backlink menyediakan sebuah cara bagi orang lain untuk menemukan sumber informasi lainya tentang topik yang sama maupun yang terkait.

Sebagai contoh, misalnya saja ada seorang konsumen yang mengunjungi halaman mengenai “Domain hosting terbaik di Indonesia” pengguna mungkin menemukan tautan ke penyedia domain hosting terbaik tersebut.

Nah. Tautan atau backlink tersebut akan mengarahkan pengguna atau pengunjung website yang ada backlink tersebut untuk mengunjungi sumber informasi lainnya yang ada disana. Sedangkan untuk mesin pencari backlink dapat membantu dalam menentukan nilai sebuah halaman.

Secara historis, jumlah backlink juga adalah indikator dari sebuah popularitas sebuah website. Karena, cara backlink dievaluasi adalah dengan berbagai macam faktor yang ada salah satunya adalah peringkat yang terkait dan juga tentang kualitas backlink yang diberikan.

Maka dari itu sangat penting untuk di cek kualitas backlink yang diberikan.

Mengapa Backlink Harus Dicek ?

Di dunia internet yang mengandalkan teknik SEO, semuanya rentang dan resiko tersebut juga mengintai website anda. Di dalam kebanyakan kasus, para pesaing biasanya akan melakukan berbagai macam cara untuk memberikan respon negatif dari Google terhadap website anda. Sehingga, website kompetitor yang akan mendapatkan nilai terbaik di Google.

Tentu saja hal itu tidak ingin terjadi bukan ? Nah agar hal tersebut tidak terjadi, maka anda harus memeriksa backlink yang masuk ke website anda, sebelum Google mengambil tindakan jika ada backlink negatif yang mengarah ke website anda.

Ingat! Tidak semua backlink memiliki tujuan positif. Ada jenis backlink yang bertujuan agar website anda mendapatkan sanksi. Jadi, untuk memeriksa backlink sangat penting jika website anda ingin sukses di internet.

Tujuan utama dari memeriksa backlink yang masuk adalah agar anda bisa memahami jenis tautan yang bermanfaat untuk situs website anda dan menghapus semua backlink yang akan berdampak negatif untuk website anda.

Setelah anda mengetahui alasan mengapa backlink harus di cek, maka dimulai dari sekarang sudah saatnya anda memeriksa backlink kompetitor dan mempelajari cara mengambil backlink tersebut. Untuk itu, kamu perlu mengetahui serta menggunakan tools backlink checker.

5 Rekomendasi Tools Backlink Checker Terbaik

Ada banyak cara untuk cek kualitas backlink website kompetitor maupun website anda sendiri. Anda bisa menggunakan tools backlink checker yang direkomendasikan di artikel ini. Maka dari itu, kami rekomendasikan 5 tools backlink checker terbaik dibawah ini lengkap dengan ulasannya.

1. SEMRush

SEMRush adalah salah satu tools backlink checker yang kami rekomendasikan . Tools ini dapat membantu juga dalam riset kata kunci terbaik dan memiliki fitur canggih lainnya yang bisa anda gunakan untuk menganalisis kualitas backlink.

Agar anda bisa menggunakan fitur backlink checker, anda harus login terlebih dahulu lalu pilih “Backlink Analytics” dan masukan nama domain yang ingin anda cek backlinknya. Setelah itu semua informasi tentang backlink disana akan ditampilkan.

Dengan menggunakan tools ini anda bisa memeriksa backlink yang dimiliki website anda, sehingga dapat membantu anda dalam menemukan backlink dengan kualitas yang rendah. Anda juga bisa menggunakan tools ini untuk melihat backlink dari situs website pesaing.

Harga:

  • $99,95/bulan.
  • $83,38/bulan jika kontrak selama satu tahun.

2. Ubersuggest

Tools ini dimiliki oleh salah satu pakar SEO yaitu Neil Patel. Ubersuggest ini menawarkan fitur riset kata kunci. Namun, anda juga bisa menggunakannya untuk cek backlink dan melihat detail tentang backlink tersebut.

Tidak hanya cek backlink saja dengan tools ini juga anda bisa cek backlink terbaru, backlink yang hilang dan backlink mana yang masuk jenis backlink nofollow dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Harga:

  • Ada versi Gratis.
  • Biaya untuk versi Pro adalah $29/bulan atau $290/ Tahun.

3. Ahrefs

Ahrefs adalah tools untuk melakukan riset kata kunci seperti halnya tools diatas. Tapi fitur untuk cek backlink juga tersedia disini. Dengan tools ini anda bisa mencari tahu backlink yang hilang dan cek backlink yang mengarah ke website anda.

Ahrefs juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi backlink yang rusak. Tools ini juga menawarkan cek backlink untuk pesaing anda dan anda bisa melakukan filter berdasarkan dengan jenis tautan yang diberikan.

Harga:

  • Ada versi trial 7 hari.
  • Harga berbayar $99/bulan.

4. Moz Pro

Moz Pro adalah salah satu alat SEO dari Moz yang termasuk kedalam Link Explorer. Link Explorer dapat memberikan anda profil secara terperinci tentang website anda dan dapat anda bandingkan dengan profil pesaing anda.

Tools backlink checker yang satu ini juga memiliki sebuah alat yang disebut dengan Link Intersect, dengan fitur tersebut anda bisa melihat situs mana yang memberikan backlink ke pesaing anda. Sehingga mungkin anda bisa menargetkan situs tersebut untuk memberikan backlink ke website anda.

Harga:

  • Biaya $99/bulan.
  • Trial selama 30 hari.

5. Buzzsumo

Terakhir ada BuzzSumo dimana tools yang satu ini dirancang untuk anda agar bisa menganalisis konten dan juga menganalisis konten pesaing. Hal ini dapat membantu anda dalam menentukan strategi backlink untuk website anda.

Tools backlink checker yang dimiliki BuzzSumo juga dapat membantu anda dalam menemukan backlink tertentu. Sehingga anda dapat melihat backlink anda dengan lebih detail, tools yang satu ini juga ada fitur filter berdasarkan periode backlink antara 24 jam terakhir atau 5 tahun terakhir.

Translate »
Skip to toolbar