5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Saat Berbisnis Bersama Teman Agar Sukses

Berbisnis bersama teman memang hal yang terdengar menyenangkan untuk dilakukan. Sudah mengenal lama dan tahu bagaimana sifatnya membuat kamu mudah percaya dengan temanmu.

Namun, membangun bisnis tidak cukup dengan kedekatan dengan temanmu dan modal saja. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan agar usaha yang kamu miliki mencapai tujuan.

Di bawah ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan saat membangun bisnis bersama teman, biar kamu ga salah langkah lagi.

1. Tentukan cara kalian untuk mencapai tujuan bisnis dari awal

Untuk membangun bisnis diperlukan banyak cara untuk mencapai tujuan atau mendapat keuntungan sesuai yang kamu inginkan. Agar kamu bisa mencapai hal itu, tentukan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut dari awal dengan matang.

Langkah ini harus kamu lakukan agar bisa mengerti apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan usaha kalian.

2. Meskipun teman, bekerjalah sesuai bidang kalian masing-masing secara profesional

Jangan membagi tugas berdasarkan prinsip berteman. Bagilah tugas dengan teman sesuai dengan keahlian yang kalian miliki. Dengan menjalankan pekerjaan sesuai dengan bidang bisnis dapat berjalan dengan lancar.

3. Meskipun berteman, jangan ragu untuk menegur ketika salah

Hal yang paling sulit adalah menegur teman sendiri ketika ada kesalahan. Namun, kamu harus bersikap profesional. Jika temanmu berbuat salah tegurlah, begitu pun sebaliknya. Kamu juga harus lapang dada jika temanmu menegur karena kamu melakukan kesalahan.

4. Kamu harus terbuka masalah keuangan dalam bisnis terhadap temanmu

Kalau dalam keseharian kamu bisa saja menjadi orang yang tertutup dalam masalah uang. Tetapi untuk urusan bisnis, kamu harus bersikap terbuka dengan temanmu. Jika bisnis mencapai profit, kamu harus bisa membagi secara fair dengan teman.

Jangan ragu untuk berbicara masalah keuangan di dalam bisnis kepada teman. Agar kalian juga bisa menyelesaikan masalah bersama.

5. Jangan memutuskan persahabatan hanya karena masalah dalam bisnis

Walaupun harus bersikap profesional. Namun, kalian juga harus ingat bahwa kalian adalah teman. Jangan sampai masalah kecil yang ada di dalam bisnis merusak persahabatan kalian. Jika ada masalah, segera selesaikan.

Berbisnis dengan teman bukanlah hal yang mudah. Kamu harus bersikap secara profesional dan menjaga perasaan temanmu. Jalankan bisnis bersama teman dengan terbuka.

Jika ada hal yang kurang sampaikan secara langsung. Jangan lupa luangkan waktu kalian sebagai sahabat, bukan hanya sebagai partner bisnis saja.

Translate »