3 Tips Sukses Start-up Gaet Investor dari Pendiri Apple, Steve Wozniak

If you want to share and earn points please login first

3 Tips Sukses Start-up Gaet Investor dari Pendiri Apple, Steve Wozniak

Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak memberikan saran bagi para perintis startup yang tengah mencari investor. Dia mengingatkan para perintis startup harus memiliki keyakinan besar sebelum berhadapan dengan investor.

“Misalnya, Anda harus tahu apakah produk yang dikenalkan dapat diproduksi secara realistis atau apakah itu benar-benar meningkatkan apa yang ingin diganti,” kata Steve Wozniak kepada Washington Post dalam sebuah acara siaran langsung.

Wozniak membagikan saran ini sebagai juri di Unicorn Hunters, sebuah acara di Amazon Prime yang menampilkan para pendiri perusahaan yang menawarkan perusahaan pribadi mereka kepada audiens. Audiens yang menonton pertunjukan tersebut dapat berinvestasi di perusahaan yang mereka sukai dengan investasi mulai dari USD 1.000.

Dalam acara tersebut, Wozniak membagikan tiga tips untuk pengusaha yang ingin mempromosikan start-up mereka kepada investor jika ingin menjadi perusahaan besar, seperti dikutip dari laman inc.com, Rabu (1/12/2021). Berikut adalah tiga tips tersebut :

1. Membawa Passion

Ketika Wozniak menawarkan Apple bersama Steve Jobs pada tahun 1976 kepada investor, dia mengetahui bahwa keyakinan pada bisnisnya adalah elemen paling persuasif untuk mendapatkan kesepakatan. Optimisme dan komitmen seorang pengusaha, menurutnya, lebih menginspirasi investor ketimbang latar belakangnya.

“Yang terpenting, bisa berkomunikasi bahwa Anda memiliki banyak passion,” kata Wozniak.

“Bahwa kamu benar-benar datang dari kepedulian tentang sesuatu,” tambahnya.

2. Fokus pada Cerita

Menceritakan kisah yang bagus tentang perusahaan dan produk Anda sangat penting dan mempengaruhi minat investor, menurut Wozniak.

Wozniak mengatakan dia dan Jobs menceritakan kisah tentang bagaimana pelanggan akan menemukan nilai dalam produk mereka saat menawarkan Apple. Ini membantu menjelaskan kepada investor bagaimana konsumen menginginkan apa yang mereka jual dengan cara yang menarik dan informatif.

“Ketika Anda menginginkan sesuatu sendiri, Anda tahu apa yang baik dan apa yang tidak,” kata Wozniak.

 3. Kenali Perusahaan Anda Luar dan Dalam

Memahami operasi start-up Anda tanpa ragu dapat membuat investor terkesan, menurut Wozniak. Setelah Anda berada di depan investor, cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan dengan informasi yang relevan dan baiknya tidak memberikan jawaban yang terlalu berbelit-belit.

“Bersiaplah dengan baik dan tampillah seolah-olah Anda sangat percaya diri,” beber Wozniak.

Hanya dengan begitu investor akan cukup mempercayai Anda untuk menaruh uang mereka di dalam perusahaan Anda.

If you want to share and earn points please login first

Leave a comment

Translate »
Skip to toolbar