10 Tips Sukses Karir di Tempat Kerja

10 Tips Sukses Karir di Tempat Kerja

Setelah Anda lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan pekerjaan, perhatian langsung Anda berikutnya adalah bagaimana untuk berhasil dalam karir Anda.

Karena dunia telah menjadi begitu kompetitif, melakukan pekerjaan Anda dengan baik dan bergerak maju dengan karir Anda lebih penting sekarang daripada sebelumnya.

Kemajuan karir dan pengakuan ada dalam daftar tujuan setiap profesional. Tapi apa yang membedakan para profesional yang luar biasa? Jawabannya hanyalah kemauan dan keinginan kuat untuk tampil baik.

Setelah Anda memiliki kemauan dan pola pikir yang benar, Anda dapat mulai menaiki tangga.

Berikut adalah 10 rahasia sukses karir teratas tentang cara unggul di tempat kerja.

Mengambil inisiatif

Persyaratan karir saat ini sangat berkembang dan membutuhkan lebih dari seseorang yang tidak mau mengambil risiko.

Dalam lanskap karir yang kompetitif saat ini, pengusaha mencari individu yang dapat membawa ide-ide segar ke meja dan mengambil inisiatif, memulai proyek baru, mengajukan solusi baru dan menciptakan peluang baru untuk bisnis.

Jadilah penilai Anda sendiri

Salah satu cara terbaik untuk mencapai kesuksesan karir adalah dengan terus menilai kinerja Anda. Jangan menunggu penilaian tahunan Anda – lakukan sendiri.

Cara ideal untuk melakukan ini adalah dengan mengidentifikasi tujuan yang dapat diukur dan menetapkan garis waktu untuk mencapainya.

Mulailah dengan menetapkan tujuan jangka pendek saat Anda baru dalam pekerjaan. Buat rencana terperinci untuk mencapai tujuan ini.

Bagi tugas menjadi tugas mingguan atau bahkan harian dan isi formulir kecil di akhir minggu untuk menilai tujuan Anda dan apakah Anda perlu mengubah strategi.

Anda bahkan dapat menunjukkan laporan kinerja Anda sendiri kepada manajer Anda di beberapa titik untuk menunjukkan kemajuan Anda.

Ini akan menunjukkan bahwa Anda memahami pentingnya evaluasi dan peningkatan diri yang konstan.

Siap belajar

Untuk unggul dalam karir Anda, Anda harus mau belajar dan menerima umpan balik yang membangun. Tidak peduli universitas mana Anda lulus atau nilai apa yang Anda miliki, kehidupan profesional akan sangat berbeda dari perguruan tinggi.

Bersiaplah untuk memiliki sejuta pertanyaan yang muncul setiap hari tentang apa yang Anda lakukan.

Anda mungkin perlu berhari-hari untuk memahami tugas Anda di pekerjaan baru Anda, jadi tunjukkan kepada manajemen bahwa Anda dapat dilatih, memperhatikan, dan selalu mau mempelajari hal-hal baru.

Antisipasi kebutuhan

Untuk berhasil dalam pekerjaan baru Anda dan mencapai kesuksesan karier, Anda harus sangat menyadari apa yang dibutuhkan manajer dan tim Anda.

Tetap selangkah lebih maju dari atasan Anda dengan bertanya pada diri sendiri, “Jika saya adalah bos saya, apa yang ingin saya lakukan selanjutnya?”

Dengan memastikan Anda menyelesaikan sesuatu secara efisien tepat waktu, dan mengambil inisiatif untuk melakukannya sendiri, Anda akan menunjukkan sikap positif dan giat kepada manajemen yang lebih tinggi.

Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi adalah kunci keberhasilan karyawan dan organisasi. Jika manajer Anda harus meminta laporan status, Anda tidak melakukan semua yang dapat Anda lakukan.

Idenya adalah untuk secara proaktif berkomunikasi dan memberi tahu mereka ketika tugas selesai, dan beralih ke apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Tetapkan tujuan untuk dicapai

Ingat Anda tidak dibayar untuk ‘bekerja keras' atau ‘tetap sibuk.' Pada akhirnya, yang penting bagi atasan Anda adalah bagaimana Anda berkontribusi untuk memenuhi tujuan dan misi perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Oleh karena itu, ingatlah bahwa Anda dibayar untuk mencapai tujuan yang jelas yang berdampak signifikan terhadap kinerja perusahaan serta misi dan visi secara keseluruhan.

Pola pikir yang berorientasi pada tujuan ini akan membantu Anda mencapai kesuksesan karier, di mana pun Anda berada di tangga perusahaan.

Tunjukkan, jangan beri tahu

Nilai tindakan jauh lebih besar daripada kata-kata belaka. Gunakan ini sebagai prinsip dalam urusan Anda di kantor.

Alih-alih membual tentang semua hal yang dapat Anda lakukan, dan kemudian tidak pernah benar-benar memberikan, Anda harus menunjukkan kepada manajemen apa yang Anda mampu.

Dapatkan kepercayaan

Ini adalah salah satu tips paling penting untuk sukses yang Anda butuhkan untuk memastikan kesuksesan ketika Anda memulai pekerjaan baru. Pikirkan seperti ini: semakin cepat Anda mendapatkan kepercayaan bos Anda, semakin cepat mereka tidak perlu terlalu khawatir dan karenanya lebih banyak waktu luang untuk memusatkan perhatian mereka pada hal-hal mendesak lainnya.

Jika bos Anda menganggap Anda dapat dipercaya, mereka akan mendelegasikan tugas kepada Anda. Pastikan Anda memenuhi tenggat waktu Anda dan menepati janji Anda.

Sangat penting, terutama di awal hubungan Anda dengan atasan Anda, bahwa Anda memenuhi setiap komitmen yang Anda buat, tidak peduli betapa sulitnya kelihatannya.

Buat solusi

Setiap orang dapat mengubah masalah mereka menjadi masalah manajer mereka. Jadilah penyedia solusi, bukan pencipta masalah.

Karyawan hebat memecahkan masalah. Jika Anda tidak memiliki wewenang untuk memberikan keputusan akhir atas suatu masalah yang relevan dengan pekerjaan atau departemen Anda, maka pastikan Anda menawarkan solusi kepada atasan Anda dan berusaha membantu semampu Anda, dengan sepenuh hati.

Berbelas kasih

Menjadi karyawan yang baik membutuhkan belas kasih dan pengertian bahwa manajer Anda, dan sesama karyawan melakukan yang terbaik.

Membuat ulah tidak akan ada gunanya bagi siapa pun, juga tidak akan terus-menerus mengeluh tentang seberapa banyak pekerjaan yang Anda lakukan.

Pada akhirnya, semua orang melakukan bagian yang adil dari pekerjaan yang mereka dapatkan.

Banyak dari sifat dan perilaku ini yang dapat membantu Anda unggul dalam karir Anda juga ditemukan pada para pemimpin hebat.

Dengan mengingat 10 rahasia kesuksesan karir ini, Anda dapat menempatkan diri Anda di jalan menuju kehebatan sejati dan mencapai tujuan karir akhir Anda.