10 Investor Startup untuk Pendanaan Tahap Awal di Indonesia

Data dan informasi dalam daftar ini akan diperbarui secara berkala. Para investor yang tertarik untuk ikut dimasukkan dalam daftar ini bisa mengontak tim editorial Tech in Asia Indonesia lewat alamat email [email protected].

Dengan tujuan membantu para founder startup dan pihak investor untuk saling terhubung, Tech in Asia Indonesia menghimpun daftar kontak dan informasi sejumlah perusahaan modal ventura yang pada umumnya terlibat dalam proses putaran penggalangan dana tahap awal di Indonesia.

Sederet investor yang masuk dalam daftar ini telah memiliki portofolio startup di dalam negeri, dengan besaran pendanaan mulai dari US$50.000 (sekitar Rp700 juta). Tiap investor juga punya preferensi dalam memberikan pendanaan, sehingga mengetahui siapa yang suka berinvestasi di sektor apa bakal jadi nilai tambah saat sedang melakukan penggalangan dana.

Berikut adalah daftar investor yang biasa terlibat dalam putaran pendanaan tahap awal di Indonesia.

East Ventures

Email: [email protected]

Portofolio:

Ticket size: US$200.000 hingga US$1 juta

Didirikan 2009 silam, East Ventures merupakan perusahaan modal ventura yang berinvestasi ke sejumlah startup dari latar belakang semua bidang ( sector-agnostic ). VC yang berfokus pada pendanaan tahap awal ini telah mendukung lebih dari 160 startup Asia Tenggara meliputi Indonesia, Singapura, hingga Vietnam.

Alpha JWC

Email: [email protected]

Nomor kontak: +622140000308

Portofolio:

Ticket size: mulai dari US$200.000 hingga US$10 juta

Alpha JWC Ventures telah mengelola dua inisiatif pendanaan, masing-masing sebesar US$50 juta (sekitar Rp709 miliar) dan US$100 juta (sekitar Rp1.4 triliun). Perusahaan modal ventura tersebut kini memiliki puluhan perusahaan portofolio aktif yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Insignia Ventures

Email: [email protected]

( partnership : [email protected])

Portfolio:

Ticket size: antara US$50.000 hingga US$30 juta

Insignia Ventures Partners mengelola modal milik para limited partner dari Asia, Eropa, hingga Amerika Utara. VC asal Singapura ini mengaku tidak memiliki preferensi dalam berinvestasi pada sektor tertentu.

AC Ventures

Email: [email protected]

Portofolio: Shipper , Kargo , Stockbit

Ticket size: US$100.000 hingga US$3 juta

VC gabungan dari dua perusahaan modal ventura Indonesia, yaitu Agaeti Ventures dan Convergence . Kedua perusahaan tersebut meleburkan jaringan dan portofolio masing-masing dalam inisiatif permodalan yang menargetkan 35 investasi startup hingga 2023.

ANTLER

Email: [email protected]

Portfolio:

Ticket size: US$100.000

Perusahaan modal ventura sekaligus inkubator startup multinasional yang turut memperluas jangkauan program ke Indonesia. Sejumlah startup asal Indonesia juga telah menjadi alumni program inkubator yang mereka selenggarakan untuk kawasan Asia Tenggara.

Jungle Ventures

Email: [email protected]

Portfolio:

Ticket size: mulai dari US$2 juta hingga US$10 juta

Jungle Ventures menawarkan dukungan dan pendanaan kepada berbagai startup teknologi di wilayah Asia. Dalam setiap proses pendanaan yang mereka lakukan, VC ini fokus pada tema yang sama yakni: brand digital yang diperhitungkan, serta platform bisnis yang memungkinkan transformasi kebutuhan digital di kalangan UKM.

Venturra Discovery

Email: [email protected]

( for partnership : [email protected])

Portfolio:

Ticket size: mulai dari US$200.000 hingga US$500.000

Bagian dari entitas permodalan Venturra Capital (milik Group Lippo). Venturra Discovery mengincar startup yang tengah mencari pendanaan tahap awal ( seed funding ) hingga pendanaan Pra Seri A dengan nominal antara US$200.000-500.000 (antara Rp3-7,5 miliar).

Intudo Ventures

Email: [email protected]

Portfolio:

Ticket size: mulai dari US$1 juta hingga US$5 juta

Salah satu perusahaan modal ventura yang turut memanfaatkan momentum pertumbuhan konsumsi masyarakat yang cepat, terutama dari kelas kalangan menengah di Indonesia. VC ini akan membantu startup portofolio mereka untuk mencapai perkembangan Seri B ke atas.

Skystar Capital

Email: [email protected]

Portfolio:

Ticket size: dimulai dari US$300.000 hingga US$2 juta

Selain pendanaan, Skystar Capital juga ikut memberikan konsultasi strategis, serta bantuan akses kemitraan korporat ke media, telekomunikasi, layanan keuangan, pertanian, perawatan kesehatan, produk dan layanan konsumen, perhotelan, dan sektor pendidikan.

UMG Idealab

Email: [email protected]

( for partnership : [email protected])

Nomor kontak: 021-5292-2778

Portfolio:

Ticket size:

US$50.000 hingga US$1 juta

Perusahaan modal ventura yang mengupayakan kolaborasi bersama para pelaku startup lokal di Indonesia. Perusahaan permodalan ini merupakan bagian dari korporat terbesar di Myanmar, UMG Myanmar, yang dipimpin diaspora Indonesia, Kiwi Aliwarga.

( Diedit oleh Iqbal Kurniawan )

Leave a comment

Translate »